Sekilas Info

Cuci Parigi Pusaka Banda Dipastikan 14 November

Istimewa/KabarTimurNews.COM

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Dipastikan gelaran Cuci Parigi Pusaka Lonthoir di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku dilangsungkan pada 14 November 2018, mendatang. Acara sakral ini dilakukan setiap 10 tahun sekali.

Kepastian  ini disampaikan, Ketua Panitia Cuci Parigi Lonthoir, Hidayat Jusuf,  kepada Kabar Timur, via telepon selulernya, Kamis, kemarin. Dia mengaku, saat ini panitia tengah melakukan persiapan mulai pembersihan lokasi dan sebagainya  untuk menyuseskan acara yang terakhir kali  dilakukan pada tahun 2008 silam.

“Untuk acara cuci parigi sudah pasti  berlangusng 14 November 2018.  Perlengkapan untuk mengelar acara ini sementara dalam persiapan.  Intinya kami, panitia dan masyarakat sudah siap. Bahkan pra acara inti cuci perigi pusaka, juga ada rangkaian acara lainnya yang telah kami siapkan,” paparnya.

Acara yang disiapkan pra cuci perigi, yakni: 15 Oktober akan dilangsungkan Tabligh Akbar dan dilanjutkan Festival Budaya Lontor terhitung sejak 1-14 November. “Kita berharap semuanya bisa berjalan baik sampai puncak acaranya,”harapnya.

Lebih jauh dijelaskannya, acara cuci parigi ini di laksanakan setiap 10 tahun sekali dengan dua tujuan utama. Pertama secara sareat untuk membersihkan sumber air minum bagi masyarakat Lonthoir. “Tapi secara hahekatnya untuk mengingat kembali para leluhur yang menemukan sumber air ini pada saat awal mulanya orang yang pertama masuk atau tinggal di Negeri Lonthoir  atau dengan singkatnya awal mula sumur ini di temukan,” jelas Jusuf.

Sementara tujuan kedua adalah menjaga persatuan dan kesatuan diantara warga masyarakat agar tetap menjalankn perintah agama karena air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. “Sehingga para leluhur membersihkan sumur ini agar masyarakat pada waktu itu tetap satu menjaga ukhuwah Islamia dalam kehidupnnya,”tandasnya.

Selain pelaksanaan Cuci Parigi Pusaka Lontor, pada waktu yang sama bakal dilangsungkan acara Banda Panggel Pulang (BP2) yang digagasi masyarakat Banda di Jakarta.  Banda Panggel Pulang direncanakan berlangsung 11-16 November mendatang dengan  mengedepankan kegiatan bakti sosial.

Salah seorang Panitai BP2, Juanda Syawal, mengatakan,  Banda Panggel Pulang bukan acara liburan semata, tetapi lebih ditujukan untuk bakti sosial. Bakti sosial yang nantinya dilaksanakan pada acara tersebut berupa pemberian bantuan bagi masyarakat banda sesuai dengan hal-hal yang paling dibutuhkan.

“Jadi kita lebih ke bahkti sosial. Ada masukan-masukan yang sudah kita peroleh dari masyarakat. Selanjutnya kita panitia bahas untuk melihat yang paling urgent untuk dibantu oleh kami anak-anak Banda yang merantau di Jakarta,”jelasnya kepada Kabar Timur via seluler kemarin.

Contohnya saja, setelah dilakukan pertemuan bersama para raja di Banda, salah satu yang menjadi masukan adalah  mereka meminta bantuan PAUD. “Seperti bantuan untuk PAUD. Intinya yang urgentlah yang kita bantu,”ujarnya.

Meskipun pelaksanaannya pada November mendatang, sejumlah bantuan juga sudah diserahkan Panitia BP2 kepada masyarakat Banda pekan kemarin melalui dirinya. “Kemarin kita sudah beri bantuan masyarakat Lontoir berupa pakaian adat beserta ongkos jahitnya agar bisa dipakai pada puncak acara Cuci Parigi. Kemudian juga diserahkan bantuan untuk pembangunan masjid di desa Nusantara yang saat ini tengah dalam proses renovasi,”tuturnya.

Acara tersebut, kata dia lebih lanjut, direncanakan bakal dihadiri oleh 30-an mantan dosen Universitas Indonesia. “Jadi mereka ini datang untuk melihat langsung kondisi Banda, agar sekembalinya ke Jakarta mereka membahas hal-hal penting yang perlu dilakukan selanjutnya disampaikan kepada kami untuk kita bantu,”ungkapnya.

Banda Panggel Pulang ini sendiri, kata dia, sebagai salah satu bagian dari promosi Banda kepada dunia luas. “Nanti ada banyak orang kita undang, termasuk yang belum pernah dengar tentang Banda ataupun yang sudah pernah dengar tapi belum pernah ke banda, kita ajak kesana,”terangnya.

Untuk persiapan, sejauh ini semua sudah berjalan lancar. Karena sudah dikoordinasikan dengan Gubernur Maluku, Kapolda maupun Kapolres serta Dinas Pariwisata Maluku dan juga masyarakat Banda.

Bersamaan dengan BP2, diakuinya akan dilangsungkan Pesta Rakyat Banda yang menjadi agenda Dinas Pariwisata Maluku, acara Cuci Parigi Pusaka Lontoir dan informasinya juga bakal dilangsungkan Lomba Manggurebe Belang oleh Kabupaten Maluku Tengah. “Rencananya nanti Pak Gub yang akan buka rangkaian acara ini,”pungkasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga