Sekilas Info

Huwae : Selamatkan PD Panca Karya

Edwin Huwae

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Ketua DPRD Maluku, Ed­win Huwae men­de­sak, Gubernur Ma­­luk­u, Said Assa­gaff dan Wakil Gu­ber­­nur Maluku, Zeth Sa­hu­buru, se­gera tu­run tangan me­nye­­­la­mat­kan Peru­saha­an Dae­rah (PD) Pan­ca Karya, dari ke­bang­krutan.

“Ini karena PD Panca Karya, selama ini tidak mampu me­la­kukan fungsi sosial untuk pe­layanan publik,’kata Huwae ketika dihubungi Kabar Timur, ke­marin.
Selain belum membayar gaji, THR dan uang pro­duksi para kar­ya­­wan perusaha­an dae­rah itu, kata Hu­wae yang juga Ketua DPD PDIP Maluku itu, sekitar 5 sampai 6 kapal feri tidak la­gi beroperasi.

“Pak Gu­­bernur dan Wa­­gub harus ber­tin­dak selamat­kan PD Pan­­ca Karya. Ja­­ng­­­an tutup mata ter­­­hadap persoalan ini,’’harapnya.
PD Pan­ca Karya, setiap ta­hun mendapat dana dari Pe­me­­rintah pusat Rp 17 sampai Rp 20 mi­liar untuk kelola kapal feri. “Kalau hari ini sejumlah kapal feri tidak berfungsi maka, ada yang salah di

PD Panca Karya. Dana besar tapi tidak didayagunakan secara baik untuk kepentingan masyarakat. Ini yang salah. Kalau ada Dirut salah, diganti. Kalau persoalan ini tidak diangkat, kita salah juga,’’tegasnya.

Menurut dia, jika PD Panca Karya dikelola baik menguntungkan dae­­rah. “Dana ada tapi apa ken­dalanya. Ini soal gampang. Kalau PD Panca Karya beralasan tidak meng­operasikan kapal, maka mana­je­men ada yang salah. Jadi ganti saja,’’tandasnya.

Dia berharap, Gubernur dan Wakil Gubernur, turun tangan me­ng­atasi persoalan ditubuh PD Pan­ca Karya. Figur-figur yang ditunjuk men­jabat direksi PD- PK harus miliki pengalaman dan profesional. “Rekrutmen PD Panca karya, mesti merit sistim, agar kita dapat kepemimpinan yang baik di PD Panca Karya,’’ingatnya.

Selama ini, lanjut dia, para pemimpin di perusahaan itu dijabat banyak politisi dengan motivasi balas jasa politik. “Jangan ada residu-residu dari proses politik. Pilih orang profesional. Jangan balas jasa terhadap orang politik. Kalau orang politik yang punya kemampuan saya setuju,’’harapnya.

Bila perlu, harap Huwae, se­leksi yang dilakukan calon direk­si maupun dewan pengawas, di­lakukan terbuka. “Kita siap meng­uji calon pemimpin PD Panca Kar­ya. Yang kita harapkan PD Pan­ca Karya kedepan lebih maju. Se­bagai BUMD, mestinya punya fung­si sosial lebih maksimal me­lakukan pelayanan kepada pub­lik,’’tandasnya.

Untuk itu, harap dia, tim kerja PD Panca Karya DPRD Maluku yang telah dibentuk segera melaksanakan tugas menyelamatkan PD Panca Karya. “Saya minta tim kerja segera melaksanakan tugas. Sudah dibentuk dewan. Proses pembentukan sudah jalan dan sudah di SK-kan. Kita berharap tim kerja segera menjalankan tugas,’’ingatnya.

Dia mengaku, banyak informasi yang telah diterima dewan, sehingga tim kerja dapat merampungkan tugas­nya membenahi PD Panca Kar­ya. Apakah, usulan Dirut dan Dewan Pengawas segera dinon­aktifkan, tim kerja segera me­nin­dak­lanjutinya.

“Apakah ada persoalan mana­jerial. Atau yang lain. Jangan kita mem­berikan sanksi terhadap se­seorang tnapa alasan yang kuat. PD Pan­ca Karya harus diselamatkan. Ba­­nyak keluhan disampaikan ke dewan, Tim kerja segera ker­ja,’’tegasnya. (KTM)

Penulis:

Baca Juga