Sekilas Info

Bobol Rumah Jurnalis, Fransiskus Dibekuk

IST

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Aksi pencurian yang dilakukan Fransiskus Na­ha, warga Ahuru, Desa Ba­tu Merah, Kecamatan Si­ri­mau, Kota Ambon, ber­ak­hir. Pemuda 29 tahun ini di­bekuk saat beraksi di ka­wa­san tempat tinggalnya sen­diri, tepat di rumah Ars He­hanussa, seorang Jur­na­lis Maluku, Rabu (4/7).

Fransiskus diduga sebagai orang yang sama mem­­bobol rumah He­ha­nus­­sa pada 13 April 2018 lalu, yang hingga saat ini ma­sih misterius. Kini, pe­mu­da pengangguran itu su­dah dijebloskan ke dalam ru­­mah tahanan Polsek Siri­mau.

Fransiskus disergap oleh saudara dari istri kor­ban, Ha­min Waliulu. Kala itu, Hamin memergoki dirinya saat sedang berada di dalam rumah saudarinya, kawasan RT 01 RW 018.
“Saat itu saya di dalam rumah. Ketika menuju WC (kamar mandi), saya melihat dia (pencuri) sudah berada di dapur. Padahal pintu dapur saat itu sudah dikunci,” kata Hamin Waliulu kepada wartawan di Mapolsek Sirimau, kemarin.

Terpergok, Fransiskus langsung kabur melalui pintu depan Tempat Kejadian Perkara (TKP). Melihat pelaku kabur, Hamin yang mengejar berteriak pencuri. Warga sekitar beramai-ramai melakukan pengejaran.

“Pelaku terkejut saat melihat saya. Dia langsung kabur. Kemudian saya teriak ada pencuri. Lalu warga sekitar melakukan pengejaran terhadap pelaku,” ungkap Hamin.
Beruntung, pelarian pelaku tidak berakhir di tangan warga. Sebab, setelah sempat bersembunyi di semak, kawasan tersebut, Ia kemudian menyerahkan diri di Pos Bencana Alam milik Brimob Polda Maluku yang dibangun di kawasan banjir.

“Kami kejar dia (pelaku), namun dia bersembunyi disemak-semak, dan mungkin setelah mengetahui bahwa dia dikejar, kemudian dia lari dan menyelamatkan diri di tenda bencana milik Brimob,” terangnya.

Meski telah diamankan Brimob, namun amarah warga yang tak terbendung sempat melayangkan pukulan. Beruntung, nyawa korban selamat setelah aparat berhasil meredam amarah warga.
“Setelah berada di pos, tidak lama kemudian personil dari Polsek Sirimau datang menjemput dia. Sebelum diamankan ke Polsek, warga sempat pukul pelaku,”tutur dia. (CR1)

Penulis:

Baca Juga