Sanksi ke Petugas Jaga Rutan Molor

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Pemeriksaan terhadap petugas jaga di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon telah dilakukan pihak Rutan.

Pemeriksaan dan pengambilan keterangan itu bertujuan untuk mengetahui penyebab kaburnya empat tahanan dari Rutan Ambon pada 15 Maret 2021 lalu.

Tapi, sampai hari ini, sanksi untuk petugas jaga belum juga diberikan. Padahal, sebelumnya Plt Kepala Rutan Kelas IIA Ambon, Husaini mengaku jika kesimpulan pemeriksaan sekaligus pemberian saksi ke petugas jaga akan dilakukan Senin 29 Maret 2021 kemarin.

Kendala apa yang menyebabkan sehingga sanksi itu belum juga diberikan, Plt Kepala Rutan Kelas IIA Ambon, Husaini mengatakan, tim masih lagi melakukan pendalaman. Jadi, untuk pemberian sanksi ke petugas jaga, nanti setelah tahapan tersebut selesai.

“Ya diundur lagi karena memang harus butuh pendalaman. Kalo sudah, ya pasti diberikan sanksinya,” kata Husaini, Selasa (30/3)

Sebelumnya diberitakan, agenda pemeriksaan terhadap petugas jaga di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon telah dilakukan pihak Rutan.

Lebih dari tiga orang yang diperiksa terkait kaburnya tahanan di Rutan tersebut. Selain petugas yang berjaga, pemeriksaan juga dilakukan terhadap dua tahanan yang sempat kabur namun kembali ditangkap.

Plt Kepala Rutan Kelas II Ambon, Husaini mengatakan, pihak Rutan telah mendengar keterangan serta penyebab kaburnya tahanan dari dalam sel. “Sudah ada. Besok (hari ini-red) baru kita simpulkan hasilnya sekaligus penetapan sanksi ke petugas yang berjaga pada malam itu,” kata Husaini kepada Kabar Timur, Minggu (28/3).

Dia mengatakan, agenda pemeriksaan sedikit terlambat karena ada sejumlah agenda yang harus diselesaikan pihak Rutan. Selain itu, fokus juga ke pengejaran terhadap dua tahanan kabur yang sampai saat ini belum ditemukan.

“Jadi memang ada agenda yang kita harus lakukan, makanya pemeriksaannya sedikit tertunda. Tapi, alhamdulilah semuanya sudah selesai, tinggal disimpulkan sekaligus pemberian sanksi ke petugas jaga,” terangnya.

Untuk diketahui, sebanyak empat tahanan dengan beragam kasus kabur dari rumah tahanan (rutan) Kelas IIA Ambon. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (15/3) subuh. Mereka yang kabur diantaranya Yermias Sinay, Darma Adam, Dominggus Saiya dan Fransisco Nahumury.

Tapi, dua dari empat tahanan ini sudah berhasil ditangkap, masing-masing Yermias Sinay dan Darma Adam. Sementara Dominggus dan Fransisco masih buron. (KTY)

Komentar

Loading...