Sekilas Info

Rumah Warga Laha Terbakar

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kebakaran menimpa rumah Saoda di kawasan RT 001 RW 005, Dusun Air Sakula, Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.

Rumah wanita 80 tahun ini terbakar karena diduga terjadi hubungan arus pendek (korsleting), Senin (28/1) pukul 07.00 WIT.

Beruntung, Saoda bersama cucunya cepat diselamatkan warga. Tidak ada korban luka, namun rumahnya ludes dilalap si jago merah.

Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy mengungkapkan kebakaran pertama kali diketahui oleh Wa Rani, tetangga Saoda. Wanita 29 tahun ini terkejut melihat asap pekat keluar dari dalam rumah korban. Dia sontak teriak kebakaran.

“Saksi saat itu baru pulang membeli makanan. Saat berjalan menuju rumahnya, dia melihat asap dan api. Ia langsung berteriak ada kebakaran. Sehingga warga sekitar keluar dan mengevakuasi korban bersama cucunya yang berada di dalam rumah,” kata Kaisupy.

Korban dikeluarkan tetangganya Wa Narasia yang bergegas masuk ke dalam rumah bercat biru itu. Sebelum mengevakuasi korban, perempuan 24 tahun ini mematikan kompor yang sedang menyala di dapur rumah korban.

“Saksi masuk ke rumah mematikan kompor. Karena melihat api sudah menyala di plafon, saksi bergegas mengambil dan mengeluarkan korban,” terangnya.

Berhasil mengeluarkan Saoda, cucunya yang masih berada di dalam kamar, digendong oleh kakaknya Muhamad Aljasia yang baru berusia 9 tahun.

“ Aljasia saat itu di luar rumah. Dia lalu mendengar ada kebakaran, dan masuk mengangkat adiknya yang sedang bersama neneknya di dalam kamar,” katanya.

Rumah Saoda berhasil dipadamkan satu jam kemudian oleh warga yang menggunakan peralatan seadanya, serta sejumlah unit mobil pemadam kebakaran, sekira pukul 08.00 WIT.

“Hasil olah TKP, dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran akibat kosleting listrik. Diperkirakan kerugian material mencapai puluhan juta rupiah,” tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga