Sekilas Info

Janji 13 Kapal, Baru Lima Direalisasi

KM Sabuk Nusantara 106

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sebanyak 13 unit kapal yang dijanjikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan, sampai tahun ini baru lima kapal yang direalisasi, kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Maluku, Yana Tanasale yang dikonfirmasi Kabar Timur via seluler Senin (11/3).

Tanasale mengatakan, penyebab tertundanya realisasi kapal-kapal yang dijanjikan itu, dikarenakan dua tahun terakhir ini terjadi rasionalisasi anggaran di Kementerian.

Akibatnya, kata dia, janji Pempus terhadap Maluku juga ikut tertunda. “Dua tahun ini ada rasionalisasi angggaran sehingga realisasi kapal-kapal yang baru itu tertunda,”jelasnya.

Lima kapal yang sudah direalisasi dan diterima Pemda Maluku ini, diantaranya Sabuk Nusantara 103, 106, 87, 71 dan satunya lagi berada di pangkalan Saumlaki.

Diketahui, pertemuan bersama Komisi V DPR RI bersama Pemerintah Maluku di kantor Gubernur dua tahun lalu, Pemerintah Pusat melalui Dirjen Perhubungan Laut menjanjikan Maluku akan mendapatkan tambahan sebanyak 13 unit kapal untuk meningkatkan kelancaran dan konektivitas di Maluku. Di mana sarana transportasi laut berupa kapal sangat dibutuhkan. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga