188 Bintara Polri Perbatasan Dilantik

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kepala Polda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa melantik 188 Bintara Polri Perbatasan.

Pelantikan sekaligus penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri Perbatasan tahun 2018-2019 berlangsung SPN Polda Maluku, Desa Passo, Kota Ambon, Senin (4/3).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui Kapolda Maluku dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan Bintara Polri merupakan langkah awal perjalanan karir.

Bintara Polri yang merupakan salah satu elemen terdepan, harus mampu melaksanakan tugas secara optimal. Dimana tugas yang akan diemban penuh dengan tantangan.

"Tanamkan disiplin dan tekad yang kuat serta implementasikan pengetahuan juga keterampilan yang telah diperoleh dari lembaga pendidikan, demi keberhasilan pelaksanaan tugas," kata dia.

Bintara Remaja Polri diharapkan dapat memegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai luhur Tribarata dan Catur Prasetya. "Laksanakan setiap tugas yang diemban dengan semangat tinggi, bertanggung jawab, dan penuh keikhlasan," harapnya.

Kapolda menjelaskan, Bintara yang baru dilantik akan bertugas menjaga wilayah perbatasan di Maluku. Daerah perbatasan di wilayah hukum Polda Maluku berada di tiga kabupaten.

“Provinsi Maluku sebagai daerah perbatasan dengan negara lain, dimana sebagian Bintara akan ditempatkan di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya dan Maluku Tengggara Barat,” katanya kepada awak media usai melantik Bintara Polri.

Bintara Polri yang baru dilantikakan diperhadapkan dengan tugas pengamanan Pemilu serentak 17 April 2019. Pesta demokrasi lima tahunan ini, memiliki karakteristik yang khas yang miliki potensi kerawanan di setiap daerah penugasan.

Mantan Kakor Lantas Polri ini menyampaikan, setelah dilantik, Bintara baru akan dilatih kembali selama satu mingggu. Semua kemampuan mereka akan dikerahkan agar dapat mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai.

“Mereka akan istirahat dengan keluarga selama satu minggu. Setelah itu mereka juga akan dibekali selama satu minggu tentang bagaimana mengamankan pemilu dan mengetahui warna surat-surat suara,” pungkasnya. (CR1)

Komentar

Loading...