Sekilas Info

Gubernur: Anak Maluku Diakomodir di Blok Masela

Said Assagaff

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Gubernur Maluku, Said Assagaff memastikan anak daerah Maluku yang diberi beasiswa untuk menimba ilmu di Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran setelah lulus bakal diakomodir bekerja di Blok Masela.

Hal ini disampaikan Gubernur, Selasa (29/1) menanggapi mahasiswa penerima beasiswa di kampus tersebut.

Pemprov Maluku memberikan beasiswa kepada putra-putri Maluku yang melanjutkan pendidikan di Universitas Padjadjaran (Unpad). Pemprov menggelar pertemuan bersama mereka di kantor Gubernur Maluku, kemarin. Pertemuan dihadiri 78 mahasiswa angkatan 2016 dan 2017.

“Pasti, malah besok saya sudah minta Biro Kepegawaian, saya sudah harus tandatangan surat ke MenpanRB, untuk menyampaikan.

Dalam menghadapi Blok Masela, ketika rapat-rapat sidang kabinet kan sudah banyak bicara, saya akan berikan mereka beasiswa untuk belajar di Unpad. Tahun depan mereka selesai di Agustus (2019), kita sudah harus siapkan lapangan kerja buat mereka,” kata gubernur.

Pemda Maluku sudah membuat perencanaan tersebut sehingga anak-anak daerah ini diakomodir di Blok Masela. “Harus (diakomodir), karena kita sudah bikin perencanaan, kan hanya 2016 dan 2017,” sambungnya.

Pemda Maluku tidak mengirimkan mahasiswa ke Unpad di tahun 2018. Alasannya, agar mahasiswa lulusan angkatan 2016 dan 2017 terserap terlebih dahulu di dunia kerja.

“2018 saya belum mau kirim, saya harus pastikan dulu dua tahun ini (2016-2017) mereka bisa terserap. Kalau masih dibutuhkan, masih kekurangan, kita bisa sekolahkan anak-anak kita,” kata dia.

Terkait Blok Masela, Gubernur mengatakan hari ini akan diadakan rapat bersama dengan Pemda Maluku, Pemkab MBD dan Pemerintah Pusat oleh INPEX selaku operator Blok Masela.

“Ada rapat terakhir di Saumlaki antara Inpex dengan Pemda MBD, Pempus dan Pemprov Maluku. Dari provinsi saya tugaskan Kepala Dinas PU, Kehutanan, ESDM dan beberapa kepala dinas untuk mengikuti rapat di sana,” jelasnya.

Dia menitipkan kepada para utusan Pemprov Maluku dalam rapat itu agar mahasiswa Maluku lulusan Teknik Geologi Unpad bisa magang di INPEX.

“Saya titipkan untuk mempersiapkan juga mereka yang nanti diwisuda bulan Agustus bisa magang sebentar di INPEX. Ini tanggungjawab saya, saya ingin Blok Masela itu skill juga dikuasai putra Maluku,” kata Assagaff. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga