Sekilas Info

Royke Terima Pataka, Andap Pamit

RUZADY ADJIS/KABAR TIMURnews

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Royke Lumowa, akhirnya menerima Pataka Polda Maluku dari Irjen Polisi Andap Budhi Revianto, Kapolda Maluku yang lama. Penyerahan dilakukan dalam sebuah tradisi Farawell dan Pisah Sambut yang berlangsung di Auditorium Universitas Pattimura Ambon, Senin (17/9).

Andap Budhi Revianto yang kini menjabat Kapolda Kepulauan Riau, menyampaikan kepada Royke Lumowa, Kapolda Maluku saat ini, bahwa TNI, Polri, Forkopimda, dan seluruh elemen masyarakat di Maluku, telah berjanji untuk terus bersahabat, sebagaimana pepatah orang Maluku “Ale Rasa Beta Rasa, Potong di Kuku Samua Rasa.”

“Didalam dinamika bertugas selama lima Bulan, lima hari, dapat dimaknai bahwa semangat harus terus di kobarkan. Harapan saya kepada seluruh anggota, forkopimda, rekan-rekan TNI, Kepala Badan dan segenap tokoh, tetap sinergi yang positif, agar kita tetap menjadi solid,” harapnya.

Kepada Royke, Andap menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas di Tanah Pusaka, Negeri Raja-Raja, Provinsi Maluku. Ia berharap, dengan menjaga komunikasi yang baik maka sinergitas Polri dengan seluruh stakeholder lainnya dapat dijaga untuk membangun Maluku kedepan.

“Kami bangga. Mari kita bangun Maluku yang kita cintai bersama. Dengan komunikasi yang baik, Insya Allah berbagai hambatan dan tantangan kita mampu melalui bersama,” pintanya.

Pada kesempatan itu, Andap memohon pamit kepada seluruh elemen masyarakat Maluku. Ia pamit, karena akan melaksanakan amanah dan menjalankan tugas sebagai Kapolda Kepulauan Riau. “Terima kasih atas kerja sama serta dukungan yang baik diantara kita selama ini. Saya mohon maaf lahir batin, dunia akhirat, apabila dalam bertugas terdapat hal-hal yang kurang berkenaan, mohon dimaafkan,” tandasnya.

Terpisah, Royke Lumowa mengatakan, kegiatan hari ini sebagai bentuk perpisahan dan penyambutan antara Kapolda Maluku lama dengan dengan yang baru. “Ada berpisah ada yang sambut. Yang berpisah Kapolda Lama Pak Andap. Yang berpisah meninggalkan kenangan, banyak pekerjaan yang dihasilkan untuk membangun Maluku. Situasi kamtibmas rakyat Maluku yang kondusif sudah dibuat oleh pak Andap,” kata Royke, usai mengantar Kapolda Maluku yang lama kepada wartawan.

Kini, sebagai Kapolda Maluku yang baru, Royke mengaku akan melanjutkan semua program dan sejumlah kebijakan yang sudah diterapkan oleh Kapolda lama. “Saya tinggal melanjutkan saja. kebijakan-kebijakannya pun akan saya teruskan. Kalau ada yang perlu ditambah, ditambah. Dipoles poles sedikit, diperbaiki,” ungkapnya.

Royke mengibaratkan kelanjutan program dan kebijakan terdahulu, seperti tongkat estafet dalam cabang olahraga lari. Dimana, tongkat estafet itu tidak boleh berhenti, karena akan dimulai lagi dari nol. “Tongkat estafet itu jangan dari nol. Orang berlari tongkat estafetnya di ofor (berikan). Kalau berhenti dulu, baru saya ambil itu dari nol, harus kita menyambut,” ujarnya.

Olehnya itu, sebagai orang baru di Maluku, Royke meminta dukungan semua elemen masyarakat, maupun stakeholder untuk menatap masa depan Maluku. Ia mengajak bergandengan tangan untuk membangun Maluku dalam segala bidang.

“Saya minta dukungan dari masyarakat Maluku, membangun Maluku bersama, baik perekonomiannya, pariwisatanya, dunia olahraganya, keamanannya apalagi, ketertiban apalagi. Maluku harus sama dan sejajar dengan provinsi-provinsi lain dalam semua hal. Kami dari pihak kepolisian akan mendorong sepenuh hati, sepenuh jiwa, setulus ikhlas,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Farawell dan Pisah Sambut Kapolda Maluku yang lama kepada yang baru, di hadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku. Diantaranya, Gubernur Maluku yang diwakili Wakil Gubernur, Pangdam XVI/Pattimura, Danlantamal IX/Ambon, Danlanud Pattimura, Kajati Maluku, dan Ketua DPRD Maluku.

Acara yang berlangsung hikmah, haru dan gembira itu juga dihadiri Wakil Kapolda Maluku Brigjen Pol. DR. Akhmad Wiyagus, Gubernur Maluku terpilih, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail dan Rektor Unpatti Ambon, Prof. DR. M.J. Saptenno, tokoh agama, masyarakat, adat serta para pejabat utama TNI/Polri di Maluku. Bukan saja itu, kemeriahan acara tersebut diisi oleh sejumlah artis nasional seperti Iis Dahlia, maupun artis lokal Mitha Talahatu dan lain sebagainya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga