Sekilas Info

Dies Natalis ke-57, FKIP Fokus Pendidikan Berbasis Laut Pulau

Istimewa/KABARTIMURNEWS

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uni-versitas Pattimura (Unpatti) Ambon, hari ini menggelar perayaan Dies Natalis ke-57, tahun 2018. Kegiatan yang akan berlangsung di studen center FKIP ini mengusung te-ma “Reinventing Peran FKIP sebagai Center of Deve-lop-ment Pendidikan Berbasis Laut Pulau.”

“Tema yang diangkat di-ha-rapkan dapat menjadi wa-ha-na bagi setiap insan aka-de--mik untuk merenungkan dan membarui komitmen da-lam membangun FKIP men-ja-di LPTK berwawasan Laut Pu-lau yang maju, mandiri, pro-fesional dan berwawasan global,” kata ketua panitia Dies Natalis Agustinus Ufie, S.Pd, M.Pd, kepada Kabar Timur, Minggu (2/9).

Dalam spirit pelayanan prima, semangat perayaan Dies Natalis tahun ini tergambarkan dalam Logo yang dirancang oleh Yance Manopo S.Pd, M.Pd. Yance merupakan staf dosen pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unpatti.

Agustinus menjelaskan, warna dasar putih dalam logo Dies Natalis 2018, melambangkan komitmen yang tulus dan suci, guna menciptakan pendidikan yang humanis, egaliter untuk Maluku yang maju dan bermartabat. Sementara angka 57 yang dikemas bercorak warna ungu violet merupakan simbol semangat di usia ke-57 sebagai LPTK yang telah matang dalam gerak dan derap bhakti.

FKIP merupakan garba ilmiah yang hadir bak matahari dengan sinaran ultra ungu, untuk memberikan kehidupan bagi dunia. Sedangkan warna pelangi pada angka 5 melambangkan keragaman ilmu dan pengetahuan yang menjadi wilayah kajian di FKIP Unpatti.

“Burung merpati warna-warni melambangakan harapan masa depan FKIP untuk melahirkan pemimpin-pemimpin, untuk melayani dalam keberagaman, berbakti dalam perbedaan, dan penuh cinta kasih dalam kebersamaan,” ungkap Agustinus.

Selain itu, tulisan dengan Icon Orang sedang membaca dalam logo Dies Natalis ke-57, tambah Agustinus, mengisyaratkan bahwa FKIP adalah lembaga tempat ilmu pengetahuan dan teknologi yang diolah serta dimanfaatkan agar dapat berdaya guna bagi pembangunan masyarakat. “Dirgahayu FKIP Universitas Pattimura Ambon,” kata Agustinus memberikan selamat.

Lebih lanjut dikatakan, rangkaian kegiatan yang dilakukan hari ini akan diawali dengan Lounching Dies Natalis FKIP ke-57. Menyusul kemudian kegiatan sosial seperti Donor Darah dari para dosen, pegawai dan mahasiswa.

Setelah menampilkan hiburan seni diantaranya menyanyi dan tarian daerah, kegiatan selanjutnya adalah Debat Mahasiswa dengan mengangkat tema “Reinventing Peran FKIP sebagai Center of Development Pendidikan Berbasis Laut Pulau”, serta Kuliah Umum yang akan dibawakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

“Sebelum Kuliah Umum, akan dilakukan penulisan karya ilmiah, setelah itu pembukaan pameran pendidikan dan sejumlah perlombaan lainnya,” tandasnya.

(CR1)

Penulis:

Baca Juga