Sekilas Info

September, Mukti Pastikan Lantik Eselon II SBT

Ist/KABARTIMURNEWS.COM

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Tak ingin SK defenitif pejabat eselon II dibatalkan oleh KASN, Bupati SBT Abd Mukti Keliobas menyatakan masih satu langkah lagi sebelum melantik sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Orang nomor satu SBT itu juga menepis, molorya pelantikan karena alasan politis.

Namun demikian, dia memastikan pelantikan jajaran pejabat ujung tombak birokrasi Pemda SBT yang baru ini dilaksanakan pekan depan. Kepastian ini diperoleh setelah rapat dua hari antara dia dan Wakil Bupati Fachry Alkatiry dengan pihak BKD dan Tim Baperjakat yang diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) SBT.

“Hasil rapat terakhir tadi, targetnya satu minggu kedepan paling tidak pelantikan sudah dilakukan,” ungkap Keliobas kepada wartawan, di Kantor Bupati, Rabu (29/8).

Momen pelantikan pejabat defenitif Eselon II di lingkup Pemda Kabupaten SBT, memang ditunggu-tunggu. Sejak uji kelayakan para pejabat ini Desember 2017 lalu kapan waktu pelantikan nyaris jadi misteri, yang hanya diketahui oleh Mukti Keliobas.

Mukti terkesan hati-hati, dan ingin menghindari munculnya klaim yang tidak diinginkan pasca pelantikan tersebut. Untuk itu  dia ingin memastikan kalau seluruh hal teknis rekrutmen pejabat daerah telah dilalui dengan benar.

Karenanya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Asri Keliora ditugaskan. Sesuai rencana Asri hari ini terbang ke Jakarta. Untuk berkonsultasi dengan pihak KASN.

Sayangnya, Mukti menolak membeberkan hal-hal teknis apa saja yang membutuhkan konsultasi. Dia beralasan, hal teknis dimaksud sifatnya interen dan tak bisa disampaikan secara terbuka.

Dia juga menepis isu-isu di luar kalau para pejabat yang disiapkan ada yang belum memenuhi syarat kompetensi dan dan kental kepentingan politik. Mukti menyatakan, hasil lelang jabatan ditentukan oleh penguji yang berkompeten dan seleksi tim Pansel, bukan dirinya.

“Tidak ada hal-hal politis. Intinya supaya pelantikan tidak dibatalkan. Kita tunggu kepala BKD kembali dari Jakarta langsung disiapkan pelantikan,” tandasnya.

Soal pelantikan pejabat jajaran eselon III dan IV, Mukti menyatakan belum jadi konsern atau perhatian pihaknya. Sebab mengisi posisi pejabatt eselon ini tidak memerlukan fit and propert test.

Sebelumnya kepada Kabar Timur, Sekda SBT Syarif Mansyur mengaku, telah mendapatkan kepastian dari Bupati untuk menyiapkan pelantikan pejabat eselon II. “Bupati sudah kasih sinyal pelantikan dalam waktu dekat,” katanya usai pembukaan Kemah Cabang Pramuka nKabupaten SBT di pantai Gumumae (27/8) lalu.

Di lain pihak, Kepala BKD Asri Keliora dihubungi di ruang kerjanya, Rabu pekan lalu, menyatakaan hasil lelang jabatan melalui mekanisme uji kelayakan sudah dikantongi oleh BKD. “Tidak ada persoalan lagi, intinya semua dari Bupati, kapan pelantikan,” aku Keliora.

Dijelaskan hasil lelang jabatan ini menjadi hal paling mendasar pengisian posisi pimpinan pada 17 OPD di lingkup Pemda Kabupaten SBT. Setelah semua aspek persyaratan administrasi calon pejabat dimaksud dipenuhi sesuai aturan yang ada. (KTA)

Penulis:

Baca Juga