Pedagang Diluar Pasar Mardika Dapat Stimulan

KABARTIMURNEWS.COM.AMBON - Pansus Pasar Mardika DPRD Maluku mengatakan para pedagang yang menjalankan aktivitas di luar Pasar Mardika Ambon yang baru direvitalisasi diberikan stimulan oleh pemerintah daerah agar stabilitas harga barang tetap terjaga.

"Mekanisme harga barang kebutuhan pokok di Pasar Gotong Royong, Pasar Tagalaya, Pasar Lama tetap sama dengan yang berlaku di Pasar Mardika Ambon," kata Ketua Pansus Pasar Mardika DPRD Maluku Richard Rahakbauw di Ambon, Senin.

Sebab tidak semua pedagang terakomodasi  di gedung Pasar Mardika yang baru direvitalisasi pemerintah sehingga mereka akan ditempatkan pada lokasi pasar lain yang ada di Pulau Ambon.

Tetapi tentu ada skema pengaturannya juga bagi  mereka yang  akan diberikan stimulan.

"Kalau mereka keberatan karena harga mobil mengangkut barang ke Pasar Passo atau pasar lainnya di luar Pasar Mardika maka ada koordinasi dan kebijakan dengan pemerintah kota untuk memberikan bantuan stimulan agar harga pasar tetap stabil," ucap Richard.

Misalnya harga kentang di Pasar Mardika Rp20.000 maka akan berlaku sama di semua pasar tradisional lainnya di Kota Ambon.

"Tujuannya agar tidak menimbulkan instabilitas harga di pasaran dan akan mempengaruhi inflasi," tandasnya.

Pasar Mardika akan dijadikan pasar distribusi sehingga bisa mencegah terjadinya permainan harga barang kebutuhan pokok oleh para tengkulak dan mengganggu stabilitas harga di pasaran.

Sebelumnya Satuan Kerja (Satker) Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Maluku menyatakan  Pasar Mardika di Ambon direvitalisasi dengan  desain pasar tradisional modern yang terintegrasi dengan areal komersial.

Pembangunan kembali Pasar Mardika mencakup empat lantai dengan luas lahan 7.929 m2. Luas masing-masing lantai, yakni lantai satu 5.004 m2, lantai dua 4.682 m2, lantai tiga 4.475 m2, dan lantai empat 4.319 m2, sehingga total luas mencapai 18.482,4 m2.

Sesuai desain pasar tradisional modern ini akan menampung pedagang sayur, ikan, daging, buah-buahan serta pedagang yang menjual pakaian dan kebutuhan pokok lainnya sebanyak 1.220 unit meja los pedagang kering dan basah serta kios.

Pasar Mardika Juga dilengkapi dengan ruang pujasera, pedagang makanan siap saji, dan pedagang barang elektronik. (AN/KT)

Komentar

Loading...