Dinsos Kota Angkat Tangan Atasi “Gepeng”

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Jelang Ramadhan 2021, Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di Kota Ambon, belum bisa diatasi, ungkap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon, Nurhayati Jasin, kepada Wartawan, Kamis (8/4) kemarin.

Indikator utama, yang menyebabkan Dinsos belum bisa menertibkan Gepeng di pusat Kota Ambon, yakni tidak dimilikinya rumah singgah sementara untuk dijadikan sebagai tempat penampungan.

“Kita tidak punya rumah singgah bagi Gepeng. Makanya, kalau dirazia mau ditampung dimana. Jadi itulah yang buat kita kesulitan dalam mengatasi mereka,” terang Jasin.

Dikatakan, selain tidak memiliki rumah singgah bagi para gelandangan tersebut, indikator lain yang menyebabkan Dinsos kesulitan mengatasi masalah ini adalah, sebagian besar Gepeng diketahui bukan merupakan warga asli berdomisili di Kota Ambon.

“Mereka (Gepeng) ini banyak bukan warga Kota Ambon. Makanya kalau kita lakukan penertiban, kemudian kita kasih bimbingan, setelah dilepas lagi mereka akan kembali ke jalanan. Sebab mereka kan tidak punya tempat tinggal disini, “jelasnya.

Lebih lanjut, Jasin mengaku, pihaknya sangat ingin mengatasi persoalan Gepeng dengan cara membangun rumah singgah sementara. Namun, hingga saat ini Dinsos tidak memiliki anggaran guna merealisasikan hal tersebut.

“Solusinya hanya satu, yakni buat rumah singgah kepada para Gepeng. Tapi memang untuk pengadaannya kita tidak punya anggaran. Kalau mau pakai Kantor Dinsos, untuk menampung mereka, kan tidak mungkin, “ terangnya.

Dalam program Dinsos, sambung dia, tidak ada yang namanya pembangunan rumah singgah bagi Gepeng. “Mau bikin bagaimana, kalau memang tidak diprogramkan, “ katanya.

“Terkait masalah ini, Pak Walikota, Richard Louhenapessy telah instruksikan kepada  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda-Litbang), agar berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat (Pempus). Agar kita bisa mendapatkan satu kegiatan, atau program untuk mendapatkan anggaran membangun rumah singgah bagi para Gepeng, “ tutupnya.

(KTE)

Komentar

Loading...