Serahkan Dokumen Tambahan Calkada Terpilih ke DPRD Bursel

Penyerahan Berkas tambahas calkada terpilih oleh komisioner Devisi Teknis KPU Bursel Is mudin Booy kepada Sekretaris DPRD Bursel, Hadi Longa. Penyerahan berkas ini berlangsung di ruang kerja Sekretaris DPRD, Senin (22/3).

KABARTIMURNEWS.COM,NAMROLE, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menyerahkan dokumen tambahan calon kepala daerah (Calkada) terpilih ke DPRD setempat, Senin (22/3).

Penyerahan dokumen ini menjawab surat Sekretaris DPRD ke KPU Bursel dalam rangka paripurna pengusulan Bupati dan Wakil Bupati terpilih serta pelantikan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi senin kemarin, kami sudah menyerahkan dokumen tambahan sesuai pemintaan DPRD kepada Pak Sekwan,”ungkap Komisioner Devisi Teknis KPU Kabupaten Buru Selatan kepada Kabar Timur di Namrole, Rabu (24/3).

Dijelaskannya dokumen tambahan yang disampaikan ke dewan berupa salinan dokomen syarat pencalonan, syarat calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih serta salinan surat Plt Ketua KPU RI Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2020 tanggal 20 januari 2021 Perihal  Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Dalam proses paripurna DPRD butuh dokumen tambahan berupa dokumen pencalonan dan syarat calon. Dokumen tambahan disampaikan resmi ke DPRD itu adalah syarat pencalonan  berupa surat pencalonan bupati, keputusan pimpinan partai tingkat pusat tentang persetujuan pasangan calon, surat pernyataan kesepakatan atau gabungan partai, Itu syarat pencalonan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan,  syarat calon masing-masing punya foto copi ijazah dan KTP yang dilegalisir. Memang ada beberapa komponen yang tidak termasuk dalam syarat calon  sebagaimana yang diatur dalam PKPU.

“Seperti Ijazah  SD-ijazah terakhir itu KPU tidak miliki. Yang kita minta saat pencalonan itu ijazah SMA paling terendah dan ijazah terakhir. Misalnya dia S2 tetapi turut serta juga ada SMA. Kartu keluarga juga. Sehingga pada pertemuan kemarin kita sudah jelaskan ke Pak Sekwan,”urainya.

Sementara untuk berita acara penetapan calon terpilih dan surat keputusannya sudah disampaikan KPU ke DPRD Bursel sejak 23 Januari 2021. “Jadi satu hari setelah pleno penetapan pasangan calon terpilih sesuai ketentuan PKPU sudah kita serahkan dokumennya ke DPRD,”tuturnya.

Booy berharap dokumen administrasi diserahkan itu dapat memenuhi permintaan DPRD sehingga seluruh proses pengusulan ke Kemendagri dapat berjalan lancar.

Sekedar diketahui pada pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2020 kemarin di Kabupaten Buru Selatan diikuti tiga kontestan. Masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB), Abdurahman Soulisa-Elisa Lesnussa (MANIS) dan Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliazer Selsily (SMS-GES).

Sayangnya pasangan AJAIB maupun MANIS harus menelan pil pahit , karena kalah persaingan suara dari kandidat SMS-GES yang dinyatakan KPU sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Bursel terpilih. (KTL)

Komentar

Loading...