Cek Kesiapan Pasukan Pengamanan Presiden 

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan kembali menginjakan kakinya di Kota Ambon. Orang nomor satu di republik ini akan tiba dengan pesawat kepresidenan melalui Bandar Udara (Bandara) Pattimura Ambon, Rabu (24/3) besok.

Keberadaan Presiden di Kota Ambon akan mendapatkan pengamanan ketat oleh pihak aparat keamanan. Selain personil polisi dari Polda Maluku dan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, pengamanan juga dilakukan oleh TNI. 

“Ada anggota TNI dan Polri yang disiapkan untuk pengamanan kunjungan pak Presiden di Ambon. Saya bersama pak Gubernur Maluku dan dari pihak TNI juga sudah melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan,” kata Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri usai upacara apel kesiapan pasukan pengamanan kunker Presiden RI, Joko Widodo di lapangan Merdeka, Kota Ambon, Senin (22/3) 

Dikatakan, dalam apel itu, dia (Refdi-red) didampingi para pejabat utama Polda Maluku diantaranya Karo Ops, Kabid Humas, Direktur Binmas, Kabid Dokes Polda Maluku, serta Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Apel kesiapan pengamanan kunker Presiden dipimpin Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema. Turut hadir juga Danrem 151/Binaya, Brigjen TNI Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw. Diungkapkan, susunan pasukan pengaman terdiri dari personil gabungan Polda Maluku, Kodam Pattimura, Korem Binaiya, Kodim 1504 Ambon dan Polresta Ambon.

Ditambahkan, selain pengecekan langsung terhadap personil pengamanan, juga dilihat peralatan taktis persenjataan yang akan digunakan saat Kunker Presiden di Kota Ambon kelak. “Jadi bersama pak Gubernur Murad Ismail, kita juga mengecek peralatan taktis persenjataan yang akan digunakan saat Kunker Presiden nanti,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Roem Ohoirat menegaskan,  dalam kunjungan Presiden ribuan  gabungan TNI-Polri  akan diterjunkan. 

Menurut Roem, susunan pasukan pengamanan terdiri dari personil gabungan Kodam Pattimura, Polda Maluku, Korem 151/ Binaiya, Kodim 1504/ Ambon serta Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. (KTY)

Komentar

Loading...