Jaksa Bongkar Skandal BBM di DLHP Kota

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon, diam-diam tengah melakukan penyelidikan skandal pengunaan anggaran Bahan Bakar Minyak (BBM), di Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP), Kota Ambon. Dugaan sementara terdapat skandal besar pengunaan anggaran BBM yang diperuntukan mobil-mobil pengangkut sampah pada DLHP Kota.

“Saya tidak tau dari tahun berapa anggaran BBM itu yang diusut. Yang pasti saat ini benar ada penyelidikan terkait anggaran BBM di DLHP Kota,” ungkap sumber dilingkup Kejati Maluku, kepada Kabar Timur, Rabu.

Menurutnya penyelidikan kasus dugaan korupsi BBM di DLHP Kota Ambon, tidak ditangani Kejati Maluku, tapi di Kejari Ambon. Ditanya apakah penyelidikan sudah dimulai dengan pemeriksaan saksi-saksi? Ditanya demikian, sumber itu mengatakan, detailnya coba dikonfirmasi ke Kejari Ambon yang lebih berkompoten terkait penanganan kasus itu.

Informasi lain yang dihimpun kabartimurnews.com, menyebutkan bau skandal BBM di DLHP Kota Ambon sudah berlangsung lama. Bahkan, ada laporan warga dan orang dalam DLHP Kota sempat melaporkan kasus ini di Kejati Maluku. Hanya saja, laporan tersebut tidak ditindaklanjuti alias kandas.

“Sepertinya ditangani Kejari Ambon, sama seperti yang pernah dilaporkan ke Kejati Maluku, tahun-tahun sebelumnya,” ungkap sumber itu. Sumber itu optimis, bila penyelidikan di Kejari Ambon bakal berjalan mulus dan skandal ini bisa diungkap terang benderang.

Dalam sebuah dokumen laproran yang pernah diterima Kabar Timur tercatat ada dugaan penyalagunaan anggaran BBM, tahun 2018, 2019 dan 2020. Di tiga tahun tersebut ada satu tahun yang tidak dibayarkan alias fiktif.

“Ada dugaan dari tiga tahun itu, yang dibayarkan hanya untuk dua tahun saja. Satu tahun lainnya diduga fiktif,” tulis laporan itu. Selain satu tahun tidak dibayar, juga di dua tahun yang dibayarkan terdapat pemotongan sana sini. Namun, yang jadi masalah itu, ada satu tahun full faktanya dananya tidak direalisasi. Informasi lain Kabar Timur membenarkan, bila Kejari Ambon sementara melakukan penyelidikan salah satu kasus di DLHP Ambon. Dari informasi itu tidak menyebut detail, kasus yang tengah diselidiki tersebut.

Yang pasti proses-proses pemanggilan untuk dimintai keterangan sudah berjalan. Bahkan, ada pihak-pihak terkait di DLHP Ambon, sudah dilayangkan panggilan. “Sudah jalan. Ada pihak-pihak di DLHP Ambon sudah disurati untuk dimintai keterangan,” tulis sumber itu.

Hingga berita ini naik cetak, belum ada keterangan resmi dari pihak Kejari Ambon, terkait kasus yang sementara diselidiki itu. Pihak Kejari Ambon yang beberapa kali dihubungi via ponsel belum terhubung. (KT)

Komentar

Loading...