Jalan A.Y Patty dan Slamet Riyadi Jadi KTL

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Forum Lalulintas Maluku dan Kota Ambon, telah menyepakati menjadikan Jalan A.Y Patty dan Jalan Slamet Riyadi, sebagai Kawasan Tertib Lalulintas (KTL). 

“Kami sudah adakan pertemuan bersama Forum Lalulintas Provinsi, dan dua jalan itu telah disepakati bersama dijadikan KTL di Kota Ambon, “ ungkap Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette, Kamis (25/2).

Dua jalan tersebut, kata Robby, nantinya akan jadi contoh awal di Kota Ambon, dengan harapan muncul ruas-ruas jalan lainnya untuk ditetapkan sebagai KTL. “Baru dua yang ditetapkan. Nanti jalan dulu. Tidak menutup kemungkinan akan ada jalan-jalan lain ke depan menyandang status sebagai KTL juga, “ ujar Robby.

Kendati telah disepakati bersama, Robby mengaku, legalitas status kedua jalan itu memerlukan kekuatan hukum tetap dalam artian, harus ada Peraturan Walikota (Perwali)Ambon, tentang KTL. “Harus ada Perwali tentang KTL, supaya legalitas hukumnya ada, biar kita bisa lakukan penertiban sesuai statusnya,” jelas Robby. 

Menurut Robby, proses percepatan pemberlakuan dua ruas jalan yang dimaksud sebagai KTL, sebenarnya ingin dipercepat. Namun, lanjutnya, hal itu terkendala pekerjaan drainase dan trotoar yang saat ini sedang berlangsung.  “Kita ingin percepatan penerapannya. Namun, semua drainase dan trotoar didalam Kota, termasuk di dua jalan itu sedang dikerjakan, “ paparnya. 

Lebih lanjut, Robby menjelaskan, berdasarkan informasi dari Pemerintah Provinsi Maluku, proses pekerjaan drainase dan trotoar, dipastikan rampung akhir Maret 2021 mendatang.  “Mengingat masih ada pekerjaan, Maret ini, kita akan siapkan semua faktor penunjang salah satunya Perwali, sehingga awal April nanti, sudah bisa disosialisasikan dan kemudian diterapkan, “ tutupnya. (KTE)

Komentar

Loading...