Diantar Ratusan Pendukung, Safitri-Gerson Mendaftar di KPU Bursel

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliazer Selsily mendaftar di KPU Kabupaten Buru Selatan, Jumat (4/8).
Pasangan dengan tagline SMS-Ges ini menjadi pasangan pertama yang mendaftar di penyelenggara pemilu. Safitri-Gerson didukung 10 partai politik pemilik kursi maupun non kursi di DPRD Bursel.

Parpol pemilik kursi di parleman adalah PDPI (2 kursi), Demokrat (2 kursi), PAN (2 kursi), Perindo (2 kursi), Berkarya (1 kursi). Sedangkan Parpol non kursi, yakni PKB, PSI, PBB, PKPI dan PKS.
Pasangan SMS-Ges disambut ketua dan anggota KPU serta Bawaslu Bursel di kota Namrole. Tampak juga Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rivan Kubangun.
Sejumlah ketua DPD Parpol pengusung ikut mendampingi SMS-Ges saat mendaftar di KPU Bursel. Mereka adalah, Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Roy Pattisina dan Ketua DPW PAN Maluku Abas Hanubun dan pengurus DPD PDIP Maluku Tobyhend Sahureka.

KPU Bursel memberlakukan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 dalam proses pendaftaran Balon kepala daerah dan wakil kepala daerah.
Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw mengingatkan semua pihak menjaga jarak, menggunakan masker dan rutin mencuci tangan mencegah Covid-19. “Kami mohon maaf kepada seluruh pendukung SMS-Ges yang berada di luar pagar kantor KPU Bursel. Kami senantiasa berdoa proses berlangsung lancar aman dan tertib dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Mahulauw.

Dikatakan, syarat pendaftaran Balon bupati dan wabup melalui Parpol maupun gabungan Parpol yang diusulkan wajib memenuhi persyaratan minimal 20 persen atau 4 kursi di DPRD Bursel pada Pileg 2019. “Jumlah perolehan suara partai politik atau gabungan partai politik hasil Pileg 2019 sebanyak 9.804 suara sah hasil Pileg 2019,” jelasnya.

Setelah pemeriksaan dokumen persyaratan selama dua jam, KPU Bursel akhirnya menerima dokumen syarat pencalonan pasangan SMS-Ges.
“Hari ini (kemarin) pendaftaran sudah diterima tetapi ada juga pentahapan pemeriksaan kesehatan yang sudah dijadwalkkan. Sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati kita harus memahami dan mendukung semua, menjadi tanggungjawab bagian dari bagaimana kita menghormati keputusan KPU,” kata Safitri Malik Soulisa di media center KPU usai menyerahkan berkas pendaftaran.
SMS-Ges mengangkat visi-misi Mewujudkan Bursel menuju Agromarine. “Visi misi ini kita berbicara pertanian dan perikanan,” kata mantan anggota DPRD Maluku ini.

Safitri bersama Gerson siap melanjutkan pembangunan yang lebih baik lagi di daerah dengan semboyan Lolik Laleln Fedak Fena atau Satukan Hati Membangun Negeri ini. Gersen Eliazer Selsily menjelaskan alasan pasangan SMS-Ges memilih mendaftar pada hari pertama pendaftaran tanggal 4 Agustus. Menurutnya itu memiliki arti mewakili empat rehenscap di Bursel. Yaitu Rehenschap Ambalau, Waesama, Masarete dan Fogi.

“Itu mengingatkan kita bahwa memang wilayah-wilayah adat sangat penting dalam fokus kita membangun Bursel ke depan,” kata politisi Partai Demokrat ini.
SMS-Ges siapa bertarung dan memenangkan pesta demokrasi lima tahunan yang akan dihelat 9 Desember 2020. “Kami siap memenangkan pertarungan ini,” tegasnya.
Ratusan pendukung menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat mengantarkan SMS-Ges mendaftar di KPU Bursel yang berada kawasan kilometer dua Kota Namrole. Iring-iringan kendaraan bermotor bersama SMS-Ges tiba di kantor KPU Bursel.

Walaupun diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat massa pendukung mengantarkan SMS-Ges ke lembaga penyelenggara pemilu itu. Sepanjang jalan masyarakat yang menyaksikan arak-arakan ini melambaikan tangan kepada pasangan SMS-Ges dan massa pendukung.

Aparat kepolisian disiagakan di kantor KPU. Tiba di KPU sekira pukul 16.15 WIT, pasangan SMS-Ges melakukan registrasi dan diarahkan menuju tempat pendaftaran pada ruang sidang utama KPU Bursel.

Menerapkan protokol kesehatan, SMS-Ges dan jumlah pendukungnya dibatasi selama proses pendaftaran di KPU Bursel.

OPTIMIS MENANG 70 PERSEN
SMS-Ges optimis meraih 70 persen suara di Pilkada Bursel 2020. “Kita targetkan kemenangan 65-70 persen di di enam kecamatan yang ada di Bursel,” tegas Ketua Tim Pemenangan SMS-Ges, Ahmadan Loilatu kepada awak media Media Center KPU, jumat (4/8).

SMS-Ges didukung kekuatan 10 Parpol yang tergabung dalam koalisi rakyat. “Pasangan SMS-Ges dengan kekuatan 10 partai politik ini kami tergabung dalam koalisi rakyat. Artinya bahwa kami tumbuh, lahir serta besar bersama masyarakat bursel,” tegas politisi PAN ini.

Optimisme itu, menurutnya pasangan SMS-GES paling siap dari rivalnya di Pilkada Bursel 2020. “Pasangan kami yang paling siap dan tentunya mengajak seluruh komponen masyarakat bersama kami dalam perjuangan ini. Kami memastikan di tanggal 9 desember yang keluar sebagai pemenang adalah SMS-Ges,” yakin anggota DPRD Bursel ini.

Menurutnya, pasangan SMS-Ges sangat serasi yang merupakan kombinasi komplit seluruh golongan. “Pasangan ini adalan masa depan Bursel karena pasangan ini kombinasi yang komplit pemimpin semua golongan, itu merupakan kunci kememangan kami,” ujarnya.

Loilatu katakan, dekrasi SMS-Ges akan dilakukan setelah penetapan pasangan calon bupati-Wabup oleh KPU Bursel. (KTL)