Sekilas Info

Ely Toisuta Jabat Ketua Sementara DPRD Ambon

Ely Toisuta

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Wakil Ketua I DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta bakal menjabat ketua sementara DPRD Kota Ambon periode 2019-2024. Ely dipilih karena merupakan satu-satunya pimpinan dewan yang berasal dari Partai Beringin Kota Ambon.

“Patsunnya, karena yang duduk di kursi pimpinan adalah ibu Ely, maka ibu Ely yang akan pimpin ketua sementara DPRD Ambon periode 2019-2024,” kata Ketua DPD II Partai Golkar Kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di Gedung DPRD Ambon, Senin (9/9).

Menurutnya, sampai hari ini, DPP Partai Golkar di Jakarta belum membahas soal siapa yang akan menduduki jabatan ketua DPRD baik di provinsi maupun 11 kabupaten/kota yang ada Maluku. Tapi mengingat 11 September kabupaten/kota sudah melakukan pelantikan DPRD, maka DPD II di daerah bisa mengusulkan itu.

Usulan dari DPD II Partai Golkar tidak berlaku tetap. Sebab, yang bisa menetap sebagai ketua DPRD provinsi maupun kabupaten/kota, jika orang yang bersangkutan dipilih langsung DPP pusat disertai dengan Surat Keputusan (SK). “Bukan berarti ibu Ely akan jadi Ketua DPRD Kota Ambon. Nanti kita tunggu lagi surat sakti dari DPP Partai Golkar,” jelasnya.

Dikatakan, misalnya jika SK ketua DPRD keluar atas nama anggota DPRD Kota Ambon, Margaretha Siahaya, maka Siahaya yang menduduki jabatan itu. “Ini kan sentralisme partai. Jadi apa kata DPP ya itu sudah,”terangnya

Walikota Ambon dua periode itu mengaku, dalam waktu dekat, barulah DPP Partai Golkar membahas masalah tersebut. Maluku agak sedikit tertunda karena kerja DPP melingkup semua provinsi yang ada di Indonesia.

“Saya sudah konfirmasi ke pusat. Jawab mereka, dalam waktu dekat barulah masalah ini dibahas. Kita juga pahami karena pembahasan melingkup semua provinsi di Indonesia, maka itu akan dilakukan step by step,”pungkasnya. (MG3)

Penulis:

Baca Juga