Sekilas Info

Guru Berkompetensi Ciptakan Siswa Berprestasi

Foto: Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Kepala Kantor Wilayah, Kemenag Maluku, Fesal Musaad berharap, agar para guru di lingkup Kemenag, bisa meningkatkan kompetensinya. Sebab, terciptanya siswa berprestasi, tergantung pada tingkat kompetensi yang dimiliki guru sendiri.

“Guru-guru yang diatur dalam lingkup Kemenag Maluku, diharapkan untuk bisa menjalankan tugas dengan profesional dan dilandasi sifat etika serta kepribadian yang baik, agar menjadi teladan bagi anak-anak yang di didiknya, “ jelas Musaad, Senin (26/8).

Dikatakannya, sekolah-sekolah yang masih dalam naungan pihaknya, harus mampu bersaing di era globalisasi yang semakin berkembang pesat, dengan segala bentuk kecanggihan yang terus terupdate setiap saat.

“Ini merupakan tantangan besar. Olehnya itu, guru harus meningkatkan kualitas kompetensinya dengan sebaik-baiknya, agar upaya dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, bagi anak-anak Maluku, dapat terealisasi secara baik, “ paparnya.

Yang terpenting, lanjutnya, menciptakan siswa berprestasi harus satu paket dengan pembinaan terhadap kepribadian siswa sendiri. Para guru dituntut harus bisa menjadi pengarah yang baik, agar kedepan Maluku memiliki generasi cerdas dan berbudi.

“Kompetensi yang paling penting harus dimiliki dari para guru, yang bernaung dibawah Kemenag Maluku, yakni kompetensi dalam pengembangan kepribadian terhadap anak didik. Itu yang sebenarnya diharapkan, “tutur Musaad.

Menurutnya, kepribadian dan sikap pembawaan dari para guru juga, mampu menjadi faktor penentu siswa dapat memiliki semangat belajar yang baik. Semangat belajar anak didik lanjutnya, ditentukan dari cara mengajar guru.

“Kalau guru tidak memiliki kompetensi yang menyangkut dengan Ahlak, sudah pasti kualitas siswa berprestasi akan menurun. Dan dalam mewujudkan Maluku memiliki banyak anak berprestasi, semua tergantung pada peran guru, apakah mampu meningkatkan semangat belajar anak didik atau tidak. Makanya saya selalu tekankan mengenai kompetensi guru ini, “ tutupnya. (MG5)

Penulis:

Baca Juga