Sekilas Info

Terkait Sampah, Walikota: Percuma Konsep Bagus Tapi Implementasi Lemah

Foto: Senthia Ferdinandus

AMBON- Untuk mengelola sampah secara proporsional dan profesional di Kota Ambon harus memperhatikan sejumlah kompenen penting.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy, menjelaskan, paling tidak ada beberapa komponen yang dilakukan yakni yang pertama programmnya harus jelas. Hal kedua yang harus dimiliki yakni sumber daya pengelola.

“Pengelola sampah harusnya dengan hati,”ungkap Louhenapessy saat focus group discussion pengelolaan sampah secara proposional dan profesional di Kota Ambon, di Hotel Santika, Senin (19/8).

Louhenapessy mengatakan, walaupun program bagus tapi anggaran tidak memadai ini juga menjadi masalah, tapi yang paling utama itu adalah implementasi dilapangan.

“Karena walaupun saudara membuat konsep begitu bagus dan dirumuskan oleh para ahli lingkungan, duit cukup banyak, sumber daya cukup banyak tapi kalau implementasi lemah konsekuensi media sosial akan menjadi komunal resmi bagi kita,”ungkap Louhenapessy.

Karena itu akui Louhenapessy, lewat focus group discussion pengelolaan sampah secara proposional dan profesional perlu dicarikan solusi untuk membantu pemerintah kota khususnya dinas lingkungan hidup.

Setelah itu, kata Louhenapessy, dari hasil diskusi ini maka pihaknya akan mengambil kebijakan berdasakan hasil diskusi.

“Jika dari diskusi diketahui, yang terbanyak adalah sampah plastik, maka dari rekomendasi diskusi kita bicarakan dengan DPRD lalu dikeluarkan peraturan walikota untuk masalah plastik di Kota Ambon,”janjinya.(MG2)

Penulis:

Baca Juga