Sekilas Info

Pemkot Ambon Akan Bagikan 9.050 KAS

Roberth Chandra

AMBON- Pemerintah kota Ambon akan menyiapkan kurang lebih 9.050 Kartu Ambon Sehat (KAS) yang akan dibagikan kepada masyarakat miskin asal Kota Ambon. KAS diprogramkan untuk membantu warga yang kurang mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan di setiap pusat layanan kesehatan di Kot Ambon.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Ambon, Roberth Chandra, mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar bagi 9.050 penerima KAS.

“Sampai sekarang ini kita sudah cover 9030an tinggal sedikit saja untuk capai kuota 9050,”terang Chandra kepada wartawan di Ambon, Senin (19/8).

Chandra mengatakan, sesuai dengan anjuran dari Pemerintah Pusat (Pempus) agar tarif cukai rokok disisihkan bidang kesehatan termasuk KAS.

“Dianjurkan pakai danai cukai rokok, ini program pemerintah pusat dipakai oleh pemerintah daerah untuk membiayai yang berhubungan dengan kesehatan termasuk Kartu Ambon Sehat.Memang diambil juga anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) juga.

KAS sudah ada sejak tahun 2018,”ujar Chandra.

Chandra menyebutkan, pihaknya mengambil data masyarakat miskin dari hasil yang dipegang oleh Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappekot) Ambon sekitar sekitar 17 ribuan.
“Tapi sekarang data sudah di ambil pada Dinas Sosial Kota Ambon.”katanya.(MG2)

Penulis:

Baca Juga