Sekilas Info

Sekot Himbau Pengelolaan Keuangan Harus Efisien

Foto: Senthia Ferdinandus

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Sekertaris Kota (Sekot) Ambon Anthony Gustav.Latuheru, menjelaskan, pengelolaan keuangan harus dapat dilakukan seefisien mungkin dengan pertimbangan-pertimbangan rasional.

“Sasarannya tidak akan ada lagi catatan dalam temuan Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) maupun inspektorat provinsi maupun kota,” tegas Latuheru saat bimbingan teknis pengelolaan keuangan yang cerdas, di Hotel Pacifik, Kamis (15/8).

Menurutnya, harapan dari pengelolaan keuangan yang efisien adalah tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel serta memberikan dampak yang luas terhadap publikatif.

Untuk itu, pemerintah selalu berupaya menyempurnakan kualitas pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, sistem pelaporan sampai dengan mekanisme evaluasi ke arah yang lebih baik.
Latuheru menjelaskan, pengelolaan keuangan yang dilakukan harus mengikuti prinsip “good public goverment” yaitu transparansi, harus dilakukan secara baik selain itu di dalam mewujudkan gerakan Ambon sebagai salah satu kota cerdas.

“Maka diharapkan seluruh pengelolaan keuangan Pemerintah Kkota Ambon dapat berkembang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Seluruh komponen keuangan dapat memunculkan inovasi yang baru dalam proses pengelolaan serta melakukan , memanfaatkan peluang sistem informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh komponen yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan.,”jelas Latuheru.

Karena menurut Latuheru, pengelolaan keuangan dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dalam pemahaman keuangan di daerah seusai dengan aturan yang berlaku dan dapat mewujudkan pengelolaan keuangan yang profesional, terbuka dan tertanggungjawab sesuai prinsip-prinsip keuangan yang baik.

Mulai dari perencanaan anggaran, pelaksanaan sampai dengan pertangunggjawaban yang berorientasi pada pola baru. (MG2)

Penulis:

Baca Juga