Gubernur: Ada Hikmah Besar Dibalik Ibadah Berkurban

Foto: Rusady Adjis

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan kurban tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan konsumsi sesama umat manusia, melainkan mengandung hikmah yang besar dan makna yang hakiki di dalam hidup kehidupan kita manusia.

Dijelaskan, hikmah yang dimaksud ialah saat kita kurbankan hewan, berarti kita sadar perlunya melumpuhlan nafsu-nafsu hewani yang ada dalam diri kita masing-masing.

“Dengan menguasai nafsu hewan itu, kita bisa mensucikan diri dari berbagai perangai buruk seperti egoisme dan lain sebagainya. Dengan perilaku manusia terhormat kita dapat menjadi insan yang sempurna,” terangnya saat penyerahan sapi kurban berbobot 850 Kg bantuan dari Presiden Joko Widodo kepada Masjid Raya Al-Fatah, Ambon pekan kemarin sekaligus penyerahan sapi kurban Gubernur.

Dikatakannya juga, pemberian hewan kurban ini diharapkan menjadi ibadah. Apalagi memberi tidak akan membuat keadaan menjadi susah.

“Selama nafas masih kuat dan kaki masih bisa melangkah jangan berhenti berbuat baik karena berbuat baik tidak ada ruginya. Jangan takut memberi, karena memberi tidak pernah akan membuat kita menjadi susah,”ucapnya.

Sebelumnya, ditempat yang sama, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Biro Kesra) Setda Provinsi Maluku, Poppy Bachmid dalam laporannya mengatakan jumlah hewan kurban yang diserahkan Pemerintah Provinsi Maluku tahun ini terdiri dari 32 ekor sapi dan 48 ekor kambing.

Maksud dan tujuan dari penyerahan hewan kurban ini kata Poppy sebagai salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi serta Gubernur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(RUZ)

Penulis:

Baca Juga