Sekilas Info

Pemrov Targetkan 2021 Seluruh Desa Teraliri Listrik

RUSADY ADJIS/KABARTIMURNEWS

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Dari 1.198 desa di Maluku, masih tersisa kurang lebih 282 desa yang sampai saat ini belum menikmati listrik.

Jumlah 282 desa tersebut tersebar hampir merata di seluruh 11 kabupaten/kota, terutama di daerah terpencil, tertinggal dan terdepan, yakni di kabupaten kepulauan aru.

Menanggapi kondisi itu, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku, Fauzan Chatib mengungkapkan masalah kelistrikan menjadi salah satu prioritas pemerintah provinsi Maluku. Mengingat, sampai saat ini tingkat elektrifikasi baru berkisar 85 persen.

Untuk itu kedepan, dirinya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM agar bagaimana seluruh desa di Maluku bisa dialiri oleh listrik.

Baik bersumber dari PLN atau tenaga surya, tenaga angin sesuai potensi yang ada di Maluku.

“Kemarin saya baru diserah terima jabatan sehingga saya perlu mempelajari langkah-langkah apa yang sudah dilaksanakan oleh pejabat yang lama terkait komunikasinya di tingkat pusat.

Setelah itu saya bisa ambil langkah selanjutnya untuk koordinasi lanjutan,”ujarnya.

Tentunya dirinya optimis, target tahun 2021 seluruh desa sudah terlistriki, bisa tercapai.

“Kalaupun kita sudah canangkan untuk sampai 2021 Maluku maluku bisa terang. Insya Allah tahun 2020 kalau bisa seluruh desa di maluku sudah bisa terang,”tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga