Sekilas Info

DPM-PD Maluku Fasilitasi Model Desa Sejahtera

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Pemerintah Daerah Provinsi Maluku lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat-Pemerintah Desa (DPM-PD) menfasilitasi penetapan model Desa Sejahtera yang tersebar di 11 kabupaten/kota.

Model Desa Sejahtera ini sendiri nantinya kedepan bakal dijadikan rool model bagi desa-desa lainnya di 11 Kabupaten/Kota di Maluku dengan tujuan utama adalah keluar dari kemiskinan.

“Mudah-mudahan bisa teremplementasi di 2020 sehingga apa yang dibutuhkan setiap tahun bisa terukur ,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-MD) Provinsi Maluku, Rusdi Ambon kepada awak media usai digelarnya pertemuan dengan tim Akademisi Universitas Pattimura Ambon yang diketuai oleh dr. La Ega.

Untuk lokasi desa disetiap kabupaten/kota, kata Rusdi ditentukan langsung oleh Bupati/Walikota. “Jadi kita menyurati meminta mereka menetapkan, karena kita akan fasilitasi model desa sejahtera kedepan,”ucapnya.

Menyinggung Desa apa saja yang sudah ditetapkan sebagai Rool Model Desa Sejahtera oleh Kabupaten/Kota, kata dia misalnya di Kota Ambon, Desa Latuhalat telah ditetapkan sebagai rool model Desa Sejahtera.

“Jika ditetapkan (Rool Model Desa Sejahtera), maka tidak ada lagi program rumah miskin untuk Desa Latulahat, pindah ke desa lain. Tapi program lain yang perlu, terutama parawisata ditingkatkan terus,”tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga