Sekilas Info

Komisi I Kecam Kadispar Ambon

IST

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Seluruh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, akhirnya angkat bicara terkait kinerja Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Ambon, yang dianggap tidak maksimal.

Untuk diketahui, kecaman tersebut, bukan merupakan pertama kali. Sebab sebelumnya, dalam terbitan Kabar Timur beberapa waktu lalu, Wakil ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Rovik Akbar Afifudin, mengeluarkan unek-uneknya terkait buruknya kinerja Kadispar.

Kepada Wartawan, Rabu (31/7) di Baileo Rakyat Belakang Soya, Kota Ambon, anggota Komisi I, secara bersamaan s mengeluarkan keluhan mereka terkait dengan Kadispar, yang dinilai hanya mementingkan perjalanan luar negeri, dari pada meningkatkan kualitas pariwisata Kota Ambon.

“Kami ini selalu melakukan agenda rapat dengan dinas Pariwisata, namun tidak pernah dihadiri oleh Kadispar. Kami menilai kepala dinas Pariwisata hanya suka keluar negeri, namun kami juga tidak tahu apa yang dia kerjakan disana,” tegas Anggota Komisi I, Ari Sahertian.

Ditegaskannya, Komisi tidak pernah melarang Kadispar Ambon, melakukan perjalanan dinas ke luar daerah ataupun luar negeri. Namun, lanjut Sahertian, segala perjalanan dinas yang menghabiskan anggaran Pemkot tersebut, harus memiliki timbal balik positif kepada kualitas Pariwisata di Kota Ambon.

“Kalau hanya melakukan perjalanan dinas keluar daerah dan luar Negeri, namun tidak juga menemukan sasaran guna meningkatkan kualitas pariwisata Kota Ambon, maka ini terkesan hanya jalan-jalan dinas saja. Mestinya, dia bisa menunjukan apa yang telah dia lakukan sebagai seorang kepala dinas, “ paparnya.

Secara bersama, anggota Komisi I lainnya seperti Margaretha Siaran, Juliana Pattipeilohi, serta Jafri Taihutu yang berada di ruang Komisi I menegaskan, pihaknya akan segera melakukan undangan rapat koordinasi kesekian kalinya dalam waktu dekat kepada Kadispar.

Dalam rapat koordinasi yang akan dilakukan nanti, Komisi berharap agar Kadispar Ambon, bisa menyempatkan diri untuk hadir guna mempertanggungjawabkan segala aktivitas perjalanan dinas yang sering dilakukan diluar Negeri.

“Sudah terlalu banyak perjalanan dinas keluar negeri yang dilakukan oleh Kadispar, namun belum menunjukkan dampak positif bagi pariwisata Kota Ambon. Makanya kami harus evaluasi seluruh kinerja Dinas Pariwisata, “ papar Jafri.

Sementara Juliana Pattipeilohi menegaskan, terkait dengan perjalanan ke Darwin, Australia juga, akan dievaluasi oleh pihaknya dalam rapat koordinasi yang akan dilakukan pihaknya dalam waktu dekat nanti.

“Kita harus tahu, apa dampak bagi kota Ambon untuk seluruh perjalanan keluar negeri yang dilakukan Kadispar Ambon. Ditakutkan, jangan sampai hanya melakukan perjalanan namun tidak ada hasil, kan sangat disesali jadinya. Ini juga menghindari jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan, “ Tutup Juliana. (MG5)

Penulis:

Baca Juga