Sekilas Info

Sekot Canangkan Pramuka Kalesang Ambon

SENTHIA FERDINANDUS/KABAR TIMURsekot Ambon: Anthony Gustav.Latuheru saat menyerahkan tunas kelapa sebagai tanda pencanangan “Pramuka Kalesang Ambon”, di kawasan Pattimura Park, Jumat (26/7).

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Dalam rangka mem­peringati Hari Ulang Tahun(HUT) Gerakan Pramuka Nasional pada 14 Agustus mendatang, Sekretaris Kota (Sekot) Ambon Anthony Gustav.Latuheru mencanangkan Pramuka Kalesang Ambon, di kawasan Pattimura Park, Jumat (26/7). Pencanangan ini ditandai dengan penyerahan tunas kelapa pada salah satu siswa anggota pramuka sekaligus kegiatan bersih kota.

Sekot Ambon Anthony Gustav.Latuheru menjelaskan, hari ulang tahun gerakan pramuka Indonesia ini ditetapkan pada tanggal 14 Agustus 1961 yang dicetuskan oleh Presiden RI pertama Indonesia Ir Soekarno yang ditandai dengan pelantikan pengurus sejajar Kwartir Nasional (Kwarnas).

“Dalam rangka pencanangan hari lahir gerakan pramuka Indonesia yang ke 58 adalah dengan mencangkan pramuka kalesang Ambon,”kata Latuheuru saat pencanangan, Jumat (26/7).

Latuheru mengungkapkan, dirinya ingin agar gerakan pramuka di Kota Ambon dapat menunjukan eksistensinya dengan pertambahan usia pada Agustus mendatang.

“Kita tunjukan bagi orang bahwa gerakan pramuka harus eksis untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menegakan Pancasila, terus tingkatkan UUD 45, kita berjuang untuk penegakan itu,”ajak Latuheru.
Latuheru mengatakan, karena itu tunjukan untuk kakak-kaka seniormu, tunjukan untuk orang tua mu, tunjukan untuk guru-gurumu , karena kalian anggota pramuka siaga, pengalang, penegak dan pendegak yang mampu bekerja menyaingi kekuatan-keuatan yang ada pada kakak-kakak,pembina dan juga pada orang tua.

“Karena itu saudara-saudara akan melanjutkan tugas ini ke depan. Tanda kita melanjutkan tugas ini, saya akan menyerahkan kelapa yang sudah bertunas yang melambangkan cikal bakal lahirnya generasi penerus bangsa Indonesia. Melalui gerakan pramuka yang bertujuan mencetak generasi-generasi penerus untuk masa depan bangsa,”imbuh Latuheru.

Latuheru mengatakan, dirinya meminta agar pramuka di Kota Ambon dapat menjaga kebersihan kota ini. Tapi bukan hanya kebersihan yang dijaga tapi juga harus indah dan rapi.

“Itu yang kita harapkan, karena itu kalian kerja hari ini dengan membersihkan kota ini,”kata Latuheru.(MG2)

Penulis:

Baca Juga