Sekilas Info

Mahasiswa Unpatti Demo Desak Rektor Turun

ISTDEMO: Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPK) melakukan aksi demonstrasi di Universitas Pattimura, Ambon, Rabu (24/7) menuntut agar Rektor Unpatti, M.J. Sapteno diturunkan.

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Rektor Universitas Pattimura, M.J Sapteno kembali didemo mahasiswa, Rabu (24/7). Aksi demo ini dilakukan oleh belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPK) berlangsung di depan gedung Registrasi Unpatti.

Dalam orasinya, pendemo yang dipimpin Rifky Derlen itu menyoroti kepemimpinan Sapteno. Demonstran meminta Sapteno dievaluasi. Bahkan, pendemo meminta agar Sapteno diturunkan dari kursi rektor karena dinilai gagal memimpin kampus biru Hotumese itu. 

Kegagalan Sapteno dilatarbelakangi oleh program yang dijalankan bukan badan layanan umum,  melainkan badan layanan proyek sehingga disinyalir menjadi tempat “parkir” para investor. “Kampus bukan tempat parkir investor, turunkan rektor,” teriak pendemo. 

Dengan kebijakan Sapteno tersebut, pendemo menilai nyawa pendidikan di kampus kebanggaan orang Maluku itu telah direnggut. Pendemo dengan tegas menolak langkah yang diambil oleh pihak rektorat yang sepihak menandatangani Badan Layanan Umum. Atas dasar itulah, mereka menyebut rektor sudah seperti pimpinan proyek.

Rektor dituding  telah menguasai 70 persen saham dari Badan Layanan Umum yang ada di kampus Unpatti. Mereka juga menolak kapitalisasi pendidikan, dan menolak kampus dijadikan pasar. Rektor disinyalir telah mengalihkan fungsi kampus sebagai lahan bisnis Badan Layanan Umum.

Pendemo menolak Sapteno dicalonkan lagi sebagai rektor untuk masa jabatan periode ke dua. Aksi demo damai ini diwarnai pembakaran  ban bekas di depan gedung regestrasi. “Kami akan membongkar kasus ini sampai ke akar-akarnya, karena kami tidak mau kampus ini dijadikan sebagai lahan tempat berbisnis,” teriak salah satu orator.

Unjukrasa dibawah pengawalan polisi ini sempat berlangsung ricuh. Pendemo yang kecewa merusak dan mencoret gedung registrasi. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga