Nelayan dan Pemilik Kapal Diminta Waspada

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mengikuti informasi cuaca. Hingga saat ini Maluku masih dilanda hujan dan angina kencang hingga akhir Juni 2019.

Menanggapi himbauan tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencanda Daerah Buru Selatan, Awat Mahulauw meminta masyarakat, khususnya nelayan untuk berhati-hati.

“Para nelayan harus melihat kondisi laut dulu sebelum pergi melaut, karena gelombang dan terpaan angin kencang,”ingatnya, kepada Kabar Timur.

Mahulauw yang juga mantan Kepala Dinas Pendapatan Kabupaten Buru Selatan itu, mengingatkan masyarakat dan pemilik kapal mematuhi warning BMKG. Jika belum diizinkan berlayar maka jangan jangan dipaksakan.

“Khususnya bagi menumpangi kapal-kapal tradisonal. Itu sangat berbahaya. Apapaun kondisi tidak memungkinkan maka hal yng terbaik adalah harus ikhtiar. Hati-hati, ” ingatnya.

Menurutnya, BPBD Kabupaten Buru Selatan, tetap siaga menghadapi kondisi cuaca buruk sekarang ini.

“Kita tetap siaga menghadapi cuaca buruk sekarang ini, karena sudah menjadi tupoksi BPBD,”tandasnya.

Ditambahkan, apabila terjadi bencana warga diminta menginformasikan kejadian tersebut agar BPBD dapat mengambil langkah-langkah penanggulangan.

“Kita berharap masyarakat dapat melaporkan jika terjadi kejadian baik itu banjir maupun tanah longsor agar ada langkah-langkah antisipasi yang bisa diambil,”pungkasnya. (KTL)

Penulis:

Baca Juga