Sekilas Info

750 Personel PLN Siaga Ramadan

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sebanyak 750 personel PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara dikerahkan siaga mengamankan pasokan listrik dalam menghadapi Bulan Suci Ramadan hingga perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Ratusan personel beserta peralatan kerja resmi diterjunkan dalam apel gelar pasukan yang berlangsung di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kota Ambon, Jumat (3/5). “Kami menyiagakan 750 petugas. Mereka akan mengamankan listrik dari tanggal 5 Mei sampai 16 Juni 2019,” kata General Manager PLN Maluku dan Maluku Utara, Romantika Dwi Juni Putra kepada wartawan.

Saat ini, tambah Romantika, daya listrik di wilayah Maluku dan Maluku Utara cukup memadai untuk melayani kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri. Namun pihaknya tetap mewaspadai gangguan yang bakal terjadi akibat cuaca ekstrim maupun faktor alam lainnya.

“Sebagai contoh untuk di sistem Ambon sendiri, daya mampu kami saat ini mencapai 70 MW dengan beban puncak 53-54 MW. Dengan demikian daya yang tersedia cukup karena terdapat cadangan daya sebesar 16-17 MW,” katanya.

Selain kecukupan sistem daya kelistrikan di Kota Ambon, hal serupa juga berada di Kota Ternate dan Tidore, Provinsi Maluku Utara. “Untuk di sistem Ternate sampai Tidore, daya mampu kami mencapai 47,1 MW dengan beban puncak sebesar 33,3 MW. Sehingga terdapat cadangan daya sebesar 13,8 MW,” terangnya.

Meski pasokan daya listrik cukup, namun pihaknya tetap menyiapkan 17 genset berkapasitas 40 kW, 60 kW, 100 kW dan 160 kW. Belasan genset akan disiapkan di sejumlah masjid yang menjadi tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri di Maluku dan Maluku Utara.

“Kami juga menghimbau kepada para pelanggan untuk dapat menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang mungkin dialami,” tandasnya.

Selain itu, tambah Romantika, pihaknya juga memberikan kesempatan kepada pelanggan yang ingin menambah daya listrik di rumahnya dengan memanfaatkan promo program Menembus Batas. Dimana terdapat Diskon Tambah Daya sebesar 75 persen dan 100 persen. Diskon berlangsung hingga 31 Desember 2019 mendatang.

Untuk pelanggan yang memiliki kompor listrik atau motor listrik, Romantika juga mengaku memberikan diskon Tambah Daya sebesar 75% dan 100% bagi pelanggan yang memiliki mobil listrik.

“Pelanggan yang ingin mengikuti promo tersebut dapat membuktikan dengan struk pembelian maupun bukti kepemilikan dari peralatan-peralatan elektronik tersebut.

Dengan adanya promo ini, pihaknya berharap dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan rumah tangga dalam memanfaatkan listrik khususnya di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1440 H. (CR1)

Penulis:

Baca Juga