Sekilas Info

Waspadai Potensi Sambaran Petir

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, mengeluarkan peringatan terhadap warga terkait potensi terjadinya sambaran petir di sejumlah daerah di Maluku.

“Masyarakat Maluku dihimbau agar tetap waspada dan berhati hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan ekstrim dan angin kencang serta potensi sambaran petir pada 3 hari kedepan,” pinta Kepala Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Ot Oral Sem Wilar kepada wartawan, Selasa (30/4).

Dampak cuaca ekstrim tersebut, tambah Oral, dapat menyebabkan potensi terjadinya banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, banjir bandang dan jalan licin.

“Masyarakat agar tetap memperbarui informasi dari BMKG maupun instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik,” harapnya.

Menurutnya, prospek cuaca untuk tiga hari kedepan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang. “Ini akan terjadi di wilayah Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Seram, Pulau Banda dan sekitarnya), Buru Selatan dan Seram Bagian Timur),” katanya.

Selain itu, untuk wilayah Kota Tual, Kabupaten Buru, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar hingga Maluku Barat Daya, berpotensi berawan hingga hujan dengan intensitas ringan. “Namun perlu mewaspadai pertumbuhan awal comolunimbus secara lokal yang dapat menyebabkan hujan secara tiba tiba dengan intensitas sedang hingga lebat,” ingatnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga