Sekilas Info

Rukyatul Hilal 5 Mei 2019 di Pantai Wakasihu

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad mengaku, lokasi pantai Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) akan dijadikan sebagai tempat dimana Kemenag Maluku melihat atau melakukan rukyatul hilal guna menentukan satu Ramadhan 1440 hijriah.

“Memang ini agenda tiap tahun. Dan tahun 2019 ini, kami akan kembali melakukan rukyatul hilal 1 ramadhan di pantai desa wakasihu sama dengan tahun 2018 kemarin. Rencananya rukyatul hilal ini dilakukan Minggu 5 Mei 2019,”kata Fesal kepada Kabar Timur di Ambon, Senin (29/4).

Dia mengatakan, pada proses ini, tim rukyatul hilal Kemenag Maluku juga melibatkan berberapa elemen masyarakat termasuk tim teknis dari Badan Meteorologi Kematologi dan Geaofisika (BMKG) Ambon.

“Kami juga libatkan beberapa elemen masyarakat dan pihak BMKG. Untuk alat, kita pakai dua teropong baik optik milik Kemenag maupun BMKG. Kegiatannya dilakukan tepat pukul 17.30 WIT dan hasil dari pelaksanaan rukyatul tersebut langsung disampaikan Direktur urusan agama Islam dan pembimaan Syari’ah Kemenag RI di Jakarta, untuk menjadi bahan penetapan tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriah melalui sidang Itsbat nantinya,”terangnya.

Dia menyatakan, metode untuk melihat hilal adalah hisab dan rukyat. Hisab adalah perhitungan matematis yang dilakukan para astronomis dari BMKG dalam menentukan keberadaan posisi bulan dalam penentuan awal bulan perhitungan kalender hijriah.

Sementara metode rukyat adalah pengamatan langsung terhadap penampakan hilal atau sering disebut dengan azimut hilal dengan berdasarkan teori hisab, setelah terbenamnya matahari atau dengan istilah ghurubusy syamsi.

Sementara secara nasional, kata Fesal, proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Falakiyah Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440H.

Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

“Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan 1440H yang dikirimkan oleh tim Rukyatul Hilal Kanwil Kemenag Maluku akan menjadi salah satu bahan yang dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadhan 1440H,”jelasnya. (MG3)

Penulis:

Baca Juga