Sekilas Info

Jelang Pemilu, Rawat Kedamaian Leihitu

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Masyarakat Kecematan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah diajak untuk terus menjaga kedamaian yang kian membaik. Masyarakat juga diingatkan harus mampu menghapus penilaian orang luar bahwa Leihitu identik dengan konflik.

“Mari kita jaga Kamtibmas di Leihitu yang syukur Alhamdulillah sudah sangat membaik saat ini. Jangan mudah terprovokasi isu-isu jelang pemilu. Kita harus rubah pandangan orang luar yang menilai Leihitu identik dengan konflik antar desa,” imbau Kapolsek Leihitu, Iptu Djafar Lessy kepada Kabar Timur di Ambon, Kamis (4/3).

Dia mengatakan, Leihitu sangat kental dengan nilai-nilai toleransi. Hanya karena ada sebagaian masyarakatnya yang mudah termakan isu menyesatkan, nilai-nilai itu kemudian dilupakan.

“Saya tahu persis nilai toleransi yang sudah sejak lama ada di wilayah jazirah Leihitu. Orang-orangya beradab dan menjunjung persaudaraan. Hanya karena segelintir orang yang suka percaya isu provokatif, wilayah ini menjadi renggang, terutama untuk desa-desa bertetangga,” ujarnya.

Pada pemilu serentak 17 April 2019, masyarakat Leihitu berhak menentukan pilihannya masing-masing. Namun, Lessy mengingatkan, perbedaan pilihan politik jangan dijadikan sebagai pemisah tali silaturahim dan persaudaraan masyarakat Leihitu.

“Jang karena beda pilihan politik lalu lain buang lain, lain manjaling lain, lain bakupukul deng yang lain. Itu seng boleh. Katong di Leihitu ini sudah saatnya bersatu merebut kembali kejayaan katong seperti halnya jasirah Leihitu tempo dolo. Jasirah yang sejahtera, aman, beradab, religius dan junjung nilai persaudaraan,” ucap Lessy dengan dialeg Ambon.

Mantan paur Mitra bidang Humas Polda Maluku itu mengingatkan, pemilu hanya sebentar. Tentunya, hal-hal yang merujuk ke perbuatan tidak terpuji harus dihindari secepatnya. Pertahankan kedamaian agar ke depan tidak menyesal. Perbedaan pilihan jangan dijadikan pemisah orang basudara.

“Pemilu hanya sebentar, saudara itu selamanya. Jangan karena pemilu kita terpecah belah. Saya harap masyarakat Leihitu bisa menjaga kedamaian dan mensukseskan pemilu 17 April 2019,” pesan Lessy. (MG3)

Penulis:

Baca Juga