Sekilas Info

Pemilik Sabu Divonis Empat Tahun

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Laurens Syaranamual, terdakwa pemilik 0,337 gram narkotika golongan satu bukan tanaman jenis sabu dijatuhi vonis empat tahun penjara.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 112 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang pemberantasan narkotika dan menghukum terdakwa selama empat tahun penjara,” kata ketua majelis hakim, Esau Yarisetou didampingi Syamsudin La Hasan dan Ronny Felix Wuisan selaku hakim anggota di Pengadilan Negeri Ambon, Senin (1/4).

Terdakwa juga dihukum membayar denda senilai Rp800 juta subsider dua bulan kurungan.

Yang memberatkan terdakwa dijatuhi hukuman penjara dan denda karena perbuatannya telah meresahkan masyarakat dan tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba.

Sedangkan yang meringankan adalah terdakwa bersikap sopan dan mengakui perbuatannya.

Putusan majelis hakim juga lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum Chaterina Lesbata yang dalam persidangan sebelumnya menuntut terdakwa selama 5,3 tahun penjara.

Terdakwa Lauwrens ditangkap Satresnarkoba Polres Pulau Ambon dan PP Lease pada akhir 2018 saat memasuki sebuah hotel dan berniat menikmati sabu dengan seorang wanita bernama Grace.

Barang bukti yang disita dari tangan terdakwa adalah narkotika golongan satu bukan tanaman jenis sabu seberat 0,337 gram yang dibeli dari seseorang di Jakarta bernama Shelvy Sopacua seharga Rp1,3 juta.

Terdakwa merupakan pengedar sesuai asesmen dari BNNP karena punya niat memberi atau mengajak orang lain, tetapi ternyata di fakta persidangan berbeda dimana majelis hakim menilai bahwa dia mungkin hanya sebatas pemakai.

Atas putusan tersebut,JPU maupun terdakwa melalui penasihat hukumnya menyatakan menerima, sehingga majelis hakim menyatakan putusan ini sudah memiliki kekuatan hukum tetap. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga