Sekilas Info

Jelang Pemilu Polisi Tingkatkan Patroli

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Tinggal menghitung hari, pemilu serempak 2019 akan dihelat. Namun kondisi kamtibmas di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah belakangan ini kurang kondusif dengan terjadinya perkelahian antar pemuda.

Mengatasi permasalahan itu, Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Anjar Wicaksana Soediharjo meminta aparat kepolisian meningkatkan kinerja sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.

Mantan Dosen Utama STIK Lemendiklat Polri ini meminta aparat kepolisian dan khususnya Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) meningkatkan patroli keliling di setiap wilayah hukumnya untuk mengatasi gejolak yang timbul di tengah masyarakat.

“Patroli, Bhabinkamtibmas harus rajin. Bila ada kejadian, Kapolresnya juga rajin. Laporan ke atas, sehingga pengamanan bisa cepat dilakukan,” kata Soediharjo kepada wartawan di Markas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Senin (1/4).

Setiap personel Polri di Maluku, kata Soediharjo, diharapkan mampu melakukan deteksi dini, tanggap dan cepat turun lapangan bila terjadi adanya permasalahan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan. “Polri itu harus tanggap. Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, harus cepat diantisipasi,” pintanya.

Kata Soediharjo, kamtibmas bukan hanya tugasnya aparat kepolisian semata. Namun terkait keamanan juga merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat di Provinsi Maluku. “Kita tidak bisa kerja sendiri, perlu dukungan semau pihak,” ajaknya.

Di wilayah hukum Polres Ambon, telah dideteksi satu wilayah yang dianggap paling rawan terkait perhelatan pesta demokrasi pada 17 April 2019. Adalah Tanjung Sial yang berada di Pulau Seram. Kerawanan disebabkan letak geografis kawasan tersebut. Menurut Soediharjo, pengamanan daerah itu akan ditingkatkan.

“Sudah kami rapatkan dengan KPU Maluku, KPU kabupaten/kota dan Bawaslu. Untuk Tanjung Sial kita akan antisipasi. Pengamanan kita akan tingkatkan. Soal DPT (Daftar Pemilih Tetap) kita pedomani yang terdaftar di TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan undangan dari TPS itu yang kami pedomani,” tegasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga