Sekilas Info

Sepasang Kekasih Jambret Dibui

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sepasang kekasih yang diduga berprofesi sebagai penjambret dibekuk tim Buru Sergap Satuan Reserse Kriminal Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. BH merupakan pria 35 tahun, sementara MT adalah wanita 31 tahun. Keduanya dibekuk di Dusun Westopong Desa Amahusu Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Sabtu (30/3). Mereka disangka melanggar Pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dan kekerasan alias jambret.

Dua pencuri dengan kekerasan ini menjambret FWH (39), seorang wanita yang sedang dibonceng di kawasan Mangga Dua Kecamatan Nusaniwe pada 27 Maret 2019. Atas kejadian itu, korban lapor polisi nomor: LP/259/III/2019/Mal/Res Ambon, tanggal 27 Maret 2019.

Kaisupy menjelaskan, kedua tersangka beraksi saat melihat korban dibonceng seorang tukang ojek sekira pukul 23.00 WIT. Korban hendak pulang ke rumahnya yang berada tak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) atau di depan Gereja Menara Kasih, Mangga Dua.

“Korban melihat dua orang pelaku yang berboncengan menggunakan sepeda motor jenis Suzuki Satria tanpa menggunakan pelat nomor. Kedua pelaku menghampiri korban dan pelaku MT (perempuan) yang saat itu berposisi pada boncengan langsung mengambil handphone milik korban di dalam Tas,” jelasnya.

Tersangka MT, diketahui merupakan spesialis jambret atau disebut dengan istilah dua jari. Dia diduga kerap beraksi di kawasan Pasar Mardika. “Saat berhasil mengambil HP dari dalam tas korban, BH yang mengendarai sepeda motor langsung tancap tas meninggalkan motor yang ditumpangi korban,” terangnya.

Dikatakan, saat insiden itu terjadi, tukang ojek yang membonceng korban sempat melakukan pengejaran. Tersangka yang mahir berkendara berhasil lolos dari kejaran tukang ojek tersebut.

Dari laporan polisi yang dibuat korban, tim Buru Sergap (Buser) melakukan penyelidikan. Usut punya usut, kedua identitas tersangka akhirnya diketahui. Mereka sempat diburu hingga ke kawasan Gunung Nona, tapi berhasil dari kejaran polisi.

“Saat itu motor kedua pelaku kehabisan bensin, mereka meninggalkan motor di semak-semak. Personil Buser mengamankan motor tersebut ke Mapolres Ambon sebagai barang bukti,” jelasnya.

Hasil pendalaman, tim berhasil mengetahui MT. Dia adalah pelaku jambret yang sudah berulang kali beraksi. “MT ini sudah beberapa kali keluar masuk Rutan Polres Ambon hingga lembaga pemasyarakatan. Tim buser melakukan penyelidikan dan pengembangan dan bekerja sama dengan tim Resmob Polda Maluku berhasil mengetahui identitas ke dua pelaku kemudian berhasil disergap,” terangnya.

Berhasil disergap, tim melakukan penggeledahan di salah satu rumah warga yang dijadikan sebagai tempat persembunyian mereka. “Sampai saat ini sudah tiga orang saksi dan kedua pelaku diperiksa. Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rumah tahanan Polres Ambon,” tandasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga