Sekilas Info

Batumerah Krisis Air Bersih, PDAM Tuding Pemkot

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Krisis air bersih di Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, dinilai akibat maraknya aktivitas pemukiman masyarakat di lahan atas desa tersebut. Terkait hal ini, Dirut PDAM Kota Ambon Apong Tetelepta meminta masyarakat mempertanyakan Pemkot Ambon yang terus saja mengeluarkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Sebut saja di kawasan Puncak Batumerah, mengapa terus dilakukan aktivitas pembangunan rumah warga. Ini patut dipertanyakan ke Pemkot Ambon, mengapa IMB diberikan untuk masyarakat. “Dan mengapa IMB diberikan oleh Pemkot untuk bangun disitu, silahkan tanya Pemkot. Akibatnya, debit air sekarang sudah kurang dan air bersih di Batu Merah sudah sulit dimiliki selama sepekan terakhir,” jelas Apong Tetelepta kepada wartawan, Senin, kemarin..

Dia mengaku, PDAM Ambon telah berupaya mengatisipasi kekeringan atau krisis air di Batu Merah. Yaitu dengan melakukan pengeboran dibeberapa titik guna menopang pengadaan air bersih yang menjadi kebutuhan masyarakat kedepan.

Dia memastikan debit air di sejumlah titik sudah tidak kuat lagi, untuk itu pihaknya telah melakukan pengeboran di kawasan Air Besar, IAIN Ambon, Batu Merah Atas, Kanawa, maupun Kebun Cengkeh. “Sebab kalau mau harap yang ada sudah tidak bisa lagi,” paparya.

Untuk itu, dirinya berharap kawasan-kawasan rawan krisis air tersebut kedepan lebih diperhatikan terutama menyangkut aktivitas pembangunan pemukiman oleh warga. Sebab, sambung dia, semakin hari debit air semakin menurun lantaran maraknya pembangunan, termasuk di daerah bantaran kali.

“Kalau terus diberikan IMB untuk membangun di sekitar sungai juga maka debit air akan semakin menurun. Lama-kelamaan sudah tidak bisa mengalir lagi, dan jangan salahkan siapa-siapa kalau nanti terjadi kekeringan,” terangnya.

Dia juga memprediksi, jika terus menerus terjadi pembangunan perumahan di sekitar kawasan bantaran kali yang ada di Kota Ambon, maka dalam waktu 5 sampai 10 tahun mendatang, Kota Ambon bisa dipastikan krisis air bersih secara menyeluruh.

“Sudah ada penelitian, jika sikap mereka terus menerus seperti itu, maka lima sampai 10 tahun kita sudah habi air bersih. Dan mengenai IMB yang diberikan oleh Pemkot, saya tidak tahu sampai disitu, silahkan tanyakan saja ke Pemkot Ambon,” tegasnya. (MG5)

Penulis:

Baca Juga