Sekilas Info

Kapolda Mangente Kamtibmas

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, kembali sambangi masyarakat secara langsung dalam program mangente keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Jenderal Polisi Bintang Dua ini bertatap muka dengan para supir mobil angkutan kota, tukang becak dan pengojek di terminal Batu Merah Asrama, Jalan Rijali, Kota Ambon.

Kunjungan Kapolda selain melihat dan mendengar keinginan warga secara langsung terkait kamtibmas, Ia juga duduk bersama mereka sambil menyantap makanan nasi kotak.

“Saya dan Pak Kapolda kemarin mangente kamtibmas dan makan bersama para supir angkot, tukang becak dan pengojek di terminal Batu Merah Asrama,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat kepada Kabar Timur, Kamis (14/3).

Menurut Ohoirat, mangente kamtibmas merupakan program Kapolda Maluku. Tujuannya untuk melihat langsung, bertatap muka dan mendengar keluhan, saran, serta masukan dari masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menciptakan kondisi kamtibmas yang lebih kondusif, aman, dan damai,” terangnya.

Kegiatan tersebut, tambah Ohoirat, juga merupakan implementasi dari Program Kapolri yakni Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter). Agar Polda Maluku lebih dekat dengan masyarakat, tanpa sekat.

Dalam mangente kamtibmas tersebut, mantan Kakor Lantas Polri ini menghimbau dan berpesan kepada masyarakat agar dapat bersama-sama Polri untuk mewujudkan kamtibmas yang lebih baik.

“Pak Kapolda saat itu meminta para supir, tukang becak, pengojek maupun warga sekitar agar bersama menjaga wilayah masing-masing dari gangguan kamtibmas. Beliau mengajak semua untuk bergandengan tangan, menjaga kerukunan hidup antar sesama masyarakat,” jelasnya.

Khususnya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden-Wakil Presiden dan Anggota Legislatif (DPR, DPD dan DPRD), Dia mengajak warga untuk menentukan pilihannya tanpa paksakan.

Intinya, masyarakat dihimbau tetap menjaga kamtibmas, baik menjelang hingga berakhirnya pesta rakyat lima tahunan tersebut.

“Jika kamtibmas terjaga, aman dan damai maka pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Maluku akan semakin meningkat,” pungkasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga