Surat Suara Presiden Tiba di Ambon

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Tiga kontainer surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden-Wakil Presiden (PPWP) dan Anggota Legislatif khususnya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI, tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Selasa (12/3), malam.

Pantauan Kabar Timur, , Rabu (13/3) pukul 11.30 WIT, meski diguyur hujan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku tetap melakukan pembongkaran kertas suara tersebut di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Pembongkaran dari kontainer kemudian diangkat ke atas sejumlah mobil truk ini dikawal ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap. Bawaslu Maluku juga tampak mengawasi proses pembongkaran. “Semua ada tiga kontainer. Masuk tadi malam dengan Kapal Kargo MP Selat Mas dari Makassar (Sulawesi Selatan). Yang masuk ini adalah surat suara Presiden dan DPD,” ungkap Atit Makatita, Kasubbag Umum dan Logistik KPU Maluku kepada Kabar Timur di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Makatita mengaku, belum mengetahui pasti jumlah surat suara PPWP dan DPD yang sedang dibongkar tersebut. “Saya belum tahu. Dari ekspedisi belum serahkan,” terangnya.

Menurutnya, pembongkaran yang dilakukan pihaknya kemarin sekaligus melakukan pengiriman ke KPU Kabupaten Buru Selatan. Surat suara yang dikirim adalah Presiden-Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD.

“Jam 8 malam hari ini (kemarin) surat suara diangkut ke Buru Selatan. Ada 2 truk yang dikirim ke sana. Menggunakan kapal Fery menuju Namrole (ibukota Buru Selatan),” terangnya.

Selain Buru Selatan, pihaknya juga langsung melakukan pengiriman kemarin untuk surat suara Presiden-Wakil Presiden dan DPD ke KPU Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Maluku Tengah.

“Hari ini (kemarin) juga akan dibongkar surat suara Presiden dan DPD. Karena surat suara yang masuk sebelumnya (DPR dan DPRD) sudah dikirim. Nanti jam 20.00.WIT diangkut menggunakan kapal Ferry,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun menyampaikan, surat suara untuk PPWP dan DPD yang akan masuk sebanyak 2.584.718 lembar. Untuk DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah masuk sebelumnya sebanyak 3.921.093 lembar. Keseluruhan surat suara Pemilu 2019 untuk Provinsi Maluku berjumlah 6.505.811 lembar. (CR1)

Penulis:

Baca Juga