Sekilas Info

Tujuh Kontainer Surat Suara Pemilu Tiba di Ambon

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sebanyak tujuh kontainer surat suara Pemilu serentak 2019 tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Sabtu (9/3) malam. 3.817 koli surat suara dalam kontainer diangkut KM. Sirait dari Makassar.

Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, surat suara ini adalah surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota dengan jumlah total 3.921.093 lembar.

“Tujuh kontainer ini untuk 11 kabupaten/kota di Maluku,” jelasnya kepada Kabar Timur di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Minggu (10/3).

Surat suara untuk Kota Ambo, kemarin langsung didistribusikan.

Untuk kabupaten/kota lain, akan diangkut ASDP dan kapal laut. “Bagi wilayah Pulau Seram, kita akan koordinasi dengan pemegang tender untuk pastikan kapan jalur distribusi dari Ambon ke pulau Seram setelah cuaca normal supaya pergerakan bisa dilakukan. Karena sejak beberapa hari ini cuaca cukup buruk. Daerah yang lain disesuaikan dengan jadwal kapal seperti di Maluku Tenggara dan lainnya,” ujar Kubangun.

Untuk surat suara Pilpres (PPWP) dan DPD RI, kata Kubangun, pekan ini akan tiba Ambon sebanyak tiga kontainer.

Total surat suara PPWP (Pilpres) dan DPD RI untuk Maluku sebanyak 2.584.718 lembar.

Sedangkan jumlah total kebutuhan surat suara Pemilu 2019 di Maluku 6.505.811 lembar.

“Itu (jumlah total kebutuhan) termasuk cadangan dua persen ditambah pemungutan ulang. Total jumlah kebutuhan itu terdiri dari surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kab/kota,” tandasnya.

Pantaun Kabar Timur, KPU dan Bawaslu memantau jalannya bongkar muat dari kontainer oleh TKBM Pelabuhan Yos Sudarso Ambon untuk dinaikkan ke truk sebelum disitribusikan ke Kota Ambon, kemarin. Proses bongkar dari kontainer hingga distribusi ke KPU kabupaten/kota di Maluku dikawal aparat kepolisian. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga