Sekilas Info

Cari Paket Narkoba, Bea Cukai Inspeksi Gudang Kantor Pos

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sejumlah pegawai Kanwil Bea Cukai Maluku melakukan inspeksi gudang kantor Pos Ambon yang berada di jalan Pattimura, Ambon, Kamis (28/2). Inspepksi melibatkan Ditresnarkoba Polda Maluku dan BNNP Maluku itu sengaja digelar untuk melacak keberadaan pengiriman paket narkoba.

Gudang penyimpanan kiriman Pos ikut diperiksa sejumlah petugas yang dibantu anjing pelacak. Sejumlah paket yang dianggap mencurigakan ikut diperiksa, namun tidak ditemukan narkoba atau obat-obat terlarang lainnya. Pemeriksaan berlangsung kurang lebih satu jam.

Kepala Seksi Narkoba Kanwil Ditjen Bea Cukai Maluku, Aris Purwanto mengatakan, inspeksi ini akan dilakukan di semua jasa pengiriman. Tujuannya untuk mencegah pintu masuk narkoba lewat bandara atau jasa pengiriman yang lain.

“Memang sejauh ini belum ditemukan ada pengiriman narkoba lewat jasa pengriman. Namun semua akses yang dianggap sebagai pintu masuk narkoba akan diawasi. Salah satunya dengan inspeksi seperti ini,” ujarnya.

Dikatakan, dasar inspeksi ke Kantor Pos Ambon bukanlah temuan atau dugaan. Inspeksi itu merupakan bagian dari pengawasan rutin untuk mencegah peredaran narkoba. Aris mengatakan, setelah melakukan operasi di Kantor Pos, giat berikutnya adalah cargo Bandara Pattimura dan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

“Kita menutup jalur-jalur pengiriman. Bandar tidak akan leluasa untuk mengirim narkoba lewat jasa kantor pos maupun titipan kilat lain,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Cabang Ambon, Muhammad Adam, mendukung inspeksi itu. Meski menurutnya, pengawasan barang yang masuk ke Maluku sudah dilakukan dari Kota Makassar.

“Disana juga ada pengawasan melibatkan Bea Cukai, sehingga barang yang masuk kesini harusnya sudah disortir dari Makassar. Namun apapun itu kami tetap bersinergi dan mendukung pemberantasan narkoba,” teragnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga