Sekilas Info

KPU Ambon Siapkan Logistik Pemilu

PEMILU SERENTAK: Logistik Pemilu 2019 untuk Kota Ambon mulai disiapkan di Sport Hall, Karang Panjang, Ambon, Selasa (26/2) oleh KPU Kota Ambon, sebelum didistribusikan ke TPS. RUZADY ADJIS/KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon sementara menyiapkan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan anggota DPRD, DPR, DPD, dan Presiden-Wakil Presiden tahun 2019. “Saat ini kita sementara lakukan penyiapan logistik Pemilu dimulai dari kantor KPU dan saat ini beralih ke Gudang logistik di Sport Hall Karang Panjang Ambon,” kata Komisioner KPU Kota Ambon, Rikke Uruilal, Selasa (26/2).

Menurut dia, logistik pemilu telah dimulai dengan perakitan kotak suara sebanyak 4.655 kotak yang terdiri dari 931 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dikali lima kotak surat suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD tingkat provinsi dan DPRD tingkat kabupaten dan kota.

“Perakitan kotak suara telah dilakukan pegawai KPU dan tenaga pendukung lainnya sebanyak 2.300 kotak surat suara telah siap, sisanya dalam proses perakitan dan penyusunan di gudang,” katanya.

Rikke menjelaskan, kelengkapan lainnya berupa surat suara saat ini dalam proses pencetakan di Makassar, ditergetkan tiba di Ambon Maret 2019.

Surat suara sementara menunggu proses cetak. Kota Ambon masuk antrian terakhir pencetakan untuk provinsi Maluku, selanjutnya akan dilakukan proses pengepakan dan pengiriman menggunakan jasa kapal laut.

“Sesuai jadwal surat suara akan tiba di kota Ambon maret 2019, selanjutnya akan dilakukan proses pelipatan dan sortir sebelum didistribusi bersama kelengkapan lainnya ke 931 TPS di kota Ambon,” ujarnya.

Sedangkan peralatan pendukung seperti spidol, bantalan, karet, alat coblos manual dan berbagai formulir seperti formulir C1 dan lampiran serta formulr lainnya juga telah disiapkan.

“Persiapan peralatan pendukung telah dilakukan sebelumnya di kantor KPU, dan akan disiapkan bersama kelengkapan lainnya ke gudang logistik,” tandas Rikke.

Ia menambahkan, pihaknya juga dibantu aparat kepolisian untuk mengamankan gudang logistik di karang panjang maupun kantor KPU di kawasan Passo.

“Aparat kepolisian disiagakan 24 jam untuk mengamankan gudang logistik dan kantor KPU hingga akhir tahapan Pemilu,” kata Rikke. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga