Sekilas Info

16 Februari Seleksi Ulang KPU Provinsi Dibuka

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Penantian kapan dilakukannya seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, yang baru terjawab. Setelah sebelumnya hasil seleksi awal dibatalkan, jadwal baru seleksi ulang dipastikan berlangsung 16 Februari 2019, mendatang, dengan membuka resmi pendaftaran seleksi dibuka.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU Maluku, yang baru dilantik Jumat 5 Februari 2019, lalu, Amir Faisal Kotarumolas, kepada wartawan Selasa (12/2), kemarin, mengaku, proses pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 16-18 Februari 2019.

Jumat 5 Februari 2019 lalu, KPU RI resmi melantik Timsel KPU Maluku mereka adalah: Djufry Rais Pattilouw, Amir Faisal Kotarumolas (Ketua), Stevin Melay, La Ode Angga, dan Reny Heronia Nendissa (Sekertaris).

Kotaromalos mengatakan, ada keistimewaan bagi para peserta yang terlebih dulu mengikuti tes Seleksi calon Anggota KPU Provinsi Maluku, dibawah kepemimpinan Timsel lama. Mereka yang telah dinyatakan lolos oleh Timsel lama tetap diakomodir.

“Jadi mereka yang telah dinyatakan lolos pada Timsel lama ini, akan menunggu proses lanjutan bersama peserta yang baru mendaftar,” papar Akademisi Unpatti Ambon ini.

Ada tiga peserta yang telah dinyatakan lolos hingga tahap wawancara La Alwi, Engelbertus Dumatubun dan Almudatzir Zain Sangadji. Sedangkan, yang menunggu tes pisko tes yakni: Hanafi Renwarin dan Syamsul Rifan Kubangun.

Amir menjelaskan, kelima peserta seleksi tidak lagi mengikuti pentahapan awal diseleksi baru yang dilakukan pihaknya, bukan berarti lima figur itu tidak melaporkan diri pada saat pendaftaran dibuka 16 Februari nanti.

“Jadi lima figur yang sudah menunggu di pisko tes ini, harus datang melaporkan diri pada saat pembukaan pendaftaran nanti. Kalau sampai penutupan (18 Februari) mereka tidak melaporkan diri, kami anggap telah gugur atau diskualifikasi,” paparnya.

Menyoal mengenai tahapan pendaftaran, dia mengaku, tanggal 13- 15 Februari 2019, pihaknya telah memulai tahapan pertama yakni, pemberitahuan kepada publik tentang waktu pendaftaran.

“Jadi mulai besok (hari ini) sampai 15 Februari 2019 itu, kita akan umumkan menggunakan berbagai media sosial dan papan informasi, serta jasa media cetak,elektronik untuk memberitahukan kapan waktu pendaftaran dibuka,” jelasnya.

Setelah proses pendaftaran dibuka tanggal 16 Februari 2019 dan berakhir 18 Februari 2019 mendatang, pihaknya akan melakukan penelitian administrasi terhadap berkas para pendaftar, dan baru akan ditetapkan tanggal 23 Februari.

“Setelah ditetapkan, proses selanjutnya kami lakukan yakni mengumumkan nama-nama peserta lolos administrasi tanggal 24 Februari 2019, untuk mengikuti tahapan seleksi tes tertulis dengan menggunakan metode CAT, sekaligus pengumuman hasilnya tanggal 26 Februari,”jelasnya.

Kemudian, tanggal 28 Februari 2019, akan dilanjutkan tahapan tes psikologi, dan dilanjutkan dengan rapat penetapan hasil tes psikologi oleh pihak ketiga dan penyerahan hasil tes kepada Timsel pada tanggal 3 Maret 2019 mendatang.

“Nah setelah itu, tanggal 4 Maret, Timsel melakukan rapat menetapkan hasil tes psikologi yang sudah dilakukan. Pada tanggal 5 Maret 2019, baru akan diumumkan siapa saja peserta yang lolos tes psikologi,” jelasnya.

Untuk tes kesehatan , akan dilakukan tanggal 8 Maret. Setelah itu dilanjutkan tes wawancara 13 Maret 2019, Timsel akan melakukan rapat penetapan hasil tes dan penetapan nama calon anggota KPU Maluku.

“16 Maret 2019, timsel akan mengumumkan 10 nama calon anggota KPU yang akan dikirim ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, utuk diproses dan ditetapkan lima orang sebagai Anggota KPU Maluku Periode 2019-2024 mendatang,” paparnya.

Untuk diketahui, masyarakat yang ingin datang mendaftar dan menanyakan persyaratan sebagai calon Anggota KPU Maluku, bisa saja langsung datang ke Sekertariat Timsel KPU Maluku, yang berada di Hotel Manise Kota Ambon. (MG5)

Penulis:

Baca Juga