Sekilas Info

Jaksa Lemah Awasi Kasus Pemotongan ADD di SBB

ILUSTRASI

“Nah, disitu mengingat proses acara cepat, murah dan biaya ringan. Kemudian, jika polisi kekurangan bukti yang berakibat belum bisa membuktikan terduga bersalah atau tidak, maka seharusnya penasihat hukum diminta untuk bebastugaskan dari tuntutan sehingga persoalannya tidak terkatung-katung,”terangnya.

Pasalnya, lanjut dia, proses penyelidikan, pengumpulan bahan dan sebagainya itu sudah mesti dipastikan bahwa sampai ke pengadilan. Jika masih terkatung-katung berarti penyebabnya proses pengawasan jaksa lemah. “Dan disitulah bisa terjadi negosiasi-negosiasi yang sifatnya negatif dengan alasan tidak cukup bukti. Padahal proses penyelidikan dan penyidikan itu sudah selesai,”paparnya.

Selain itu, ketika proses penyelidikan selesai, proses penyidikan naik ke polisi dan pengadilan. Jika terlalu lama, perlu dipertanyakan bukti apa yang kurang. Apakah sudah dilakukan tahap pra penuntutan atau belum.

Dijelaskan, pra penuntutan adalah penyerahan berita acara pemeriksaan (BAP) antara polisi dan jaksa. Jaksa akan memberikan petunjuk untuk penyempurnaan BAP. Pada tahap pra penuntutan ini prosesnya lama berarti tanggungjawab koordinasi terhadap penegakan hukum pidana antara polisi dan jaksa terkait hal pembuktian nanti.

“Pertanyaannya, apakah pengusutan kasus ini telah sampai pada tahap pra penuntutan atau belum. Sebab dalam tahap ini, jaksa akan memberikan petunjuk kepada polisi untuk melengkapi BAP itu. Coba dicek, apakah proses itu lama dalam tahap yang mana, masih dalam tahap penyidikan atau pra penuntutan,”pintanya.

Bagi dia, setelah menyimak pernyataan Polres SBB bahwa setelah Desember 2018 sudah ada penetapan tersangka, apakah berarti proses tahapan pra penuntutan telah dilakukan.

“Belum tentu. Sebab ketika polisi membuat BAP penyidikan maka dia akan menyerahkan ke jaksa dulu. Setelah itu jaksa akan melihat proses itu. Apakah tersangka yang dibuat BAP tersebut sudah memenuhi unsur sesuai bukti atau tidak,”pungkas Salmon. (MG3)

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga