Sekilas Info

Pohon Tumbang Timpa Situs Sejarah di Banda

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Salah satu situs sejarah di Desa Dwiwarna, Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah, tertimpa pohon tumbang. Situs sejarah itu adalah Istana Mini yang merupakan bekas kantor Gubernur VOC.

Pohon tumbang akibat dilanda angin kencang, Selasa (29/1) dini hari. Pohon yang sudah tua itu berada di halaman depan Istana Mini Banda.

Pohon tersebut tidak mampu menahan kuatnya angin sehingga tumbang menimpa dinding pagar halaman yang menghubungkan bangunan utama Istana Mini dengan kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Banda Neira ini.

“Kejadiannya itu sekitar Selasa dini hari saat angin kencang,”ungkap Tua, salah seorang warga Banda dihubungi Kabar Timur, Rabu (30/1).

Akibat tumbangnya pohon tersebut, dinding pagar situs sejarah tersebut mengalami kerusakan. “Temboknya rusak, tidak ada korban saat kejadian,” sebutnya.

Namun karena dibiarkan, pohon itu menimpa bangunan bersejarah berusia ratusan tahun tersebut. “Sampai sekarang belum ada penanganan dari pihak terkait. Pohon yang tumbang masih dibiarkan begitu saja,” kata dia. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga