Sekilas Info

Taiwan Tertarik Bangun Galangan Kapal di Maluku

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemerintah Taiwan melalui Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei di Surabaya tertarik membangun galangan kapal di Maluku.

Taipei Economic and Trade Office in Surabaya (TETO) adalah kantor perwakilan pemerintahan Republic of China (Taiwan) di Indonesia. Misi TETO adalah mengurus kepentingan Taiwan dan untuk mempromosikan hubungan bilateral antara Indonesia dan Taiwan.

Gubernur Maluku Said Assagaff menjelaskan, maksud kedatangan Direktor General TETO Benson Lin karena Pemerintah Taiwan ingin dekat dengan wilayah timur Indonesia termasuk Maluku. Tujuannya agar hubungan Indonesia dan Taiwan dalam bidang perdagangan jauh lebih baik lagi.

“Ada keinginan mereka untuk mendekatkan diri dengan wilayah timur, mereka mau bikin kantor dagang di sini, supaya hubungan kedua negara dalam bidang perdagangan bisa lebih baik lagi. Pertama mereka berminat di perkapalan, docking. Kebetulan Bupati Maluku Tenggara saat dijabat Anderias Rentanubun dulu sudah pernah ke sana, begitu juga Rektor Unpatti, bidang kesehatan juga sudah pernah ke Taiwan. Mereka ingin ada langkah-langkah nyata antara Maluku dan Taiwan,” ungkap gubernur usai bertemu dengan Benson Lin di kantor Gubernur Maluku, Selasa (29/1).

Pertemuan itu juga dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Romelus Far Far dan Plt Kepala Bappeda Maluku, Suryadi Sabirin.
Mengapa galangan kapal? Kata Gubernur, karena setiap bulan ada ratusan bahkan ribuan kapal yang berlayar di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) untuk menuju Australia, Filipina, Jepang, Hongkong. “Mereka pingin bangun docking (perbaikan kapal) di sini,” jelasnya.

Terhadap keinginan dari TETO, kata gubernur, Pemda Malra telah siapkan arealnya. “Saya bilang Pemda Malra telah siapkan areal kalau mau adakan kerjasama di bidang perkapalan,” tukas gubernur. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga