Sekilas Info

Heboh Kemunculan Buaya di Pelabuhan Ambon

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Warga di sekitar Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon dihebohkan dengan munculnya empat ekor buaya.

Kemunculan hewan ganas itu diketahui salah seorang warga pada 31 Desember 2018 di sekitar Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon.

Empat ekor hewan berbahaya ini, tiga diantaranya berukuran sekitar satu meter dan seekor buaya sekitar tiga meter. Buaya tersebut muncul di gorong-gorong tak jauh dari kawasan pelabuhan dan Pasar Lama, Ambon.

Kemunculan buaya itu meresahkan warga di kawasan itu. Merespon laporan warga, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku menyiapkan jaring untuk menangkap reptil raksasa tersebut.

Kepala BKSDA Maluku Mukhtar Amin Ahmadi mengatakan, setelah menerima laporan dari warga, BKSDA menyiapkan langkah untuk menangkap hewan amfibi tersebut.

“Kita akan coba memakai jaring untuk menangkap buaya-buaya itu,” ujar Mukhtar di Ambon, Selasa (8/1/2019).

Menurutnya jenis buaya-buaya itu bukan buaya muara karena moncongnya panjang. “Kalau buaya muara moncongnya tidak panjang. Itu yang sedang kami identifikasi. Mungkin itu buaya laut yang masuk ke gorong-gorong. Di situ nampaknya ada bangkai kucing sehingga (buaya) keluar,” kata dia.

Kata Mukhtar, jika buaya-buaya tersebut telah ditangkap, pihaknya akan merelokasi ke habitatnya yang lebih aman dan jauh dari masyarakat. “Kita coba nanti relokasi ke habibat aman, di Seram Bagian Barat,” pungkasnya. (KT)

Penulis:

Baca Juga