Sekilas Info

Basarnas Siap Amankan Natal & Tahun Baru

Basarnas Kota Ambon

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Ambon, siap mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Tim khusus dikerahkan bersama peralatan pendukung disiagakan di tempat rawan terjadinya kecelakaan penerbangan, pelayaran dan kondisi membahayakan manusia.

Kepala Basarnas Ambon Muslimin mengungkapkan, selain menyiapkan personel tim Rescue SAR yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku, juga menyiapkan sarana prasarana pengamanan (Sarpras).

“Kita tetap bersinergi dengan TNI dan Polri serta instansi terkait dalam memberikan rasa aman saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2019,” kata Muslimin di Ambom, Kamis (20/12).

Perayaan Natal dan Tahun Baru, kata dia, merupakan momen berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia. Dia memprediksi akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Sejumlah titik tertentu juga akan menjadi pusat kosentrasi massa. Seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara udara, terminal dan sejumlah tempat lainnya.

”Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, Basarnas Ambon telah siagakan SAR Khusus selama 14 hari terhitung dari 20 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019,” sebut Muslimin.

Tim khusus bersama peralatan pendukung telah disiapkan yang disiagakan di beberapa lokasi yang diperkirakan rawan terjadinya kecelakaan penerbangan, kecelakaan pelayaran dan kondisi membahayakan manusia.

“Dalam operasi ini juga dilakukan Pengerahan dan pengendalian Alut (Alat Utama) dan personil dalam aspek SAR telah disusun dalan Rencana Operasi SAR,” jelasnya.

Dia berpesan kepada seluruh personil Basarnas Ambon termasuk di pos SAR yang tersebar di berbagai daerah di Maluku agar lebih meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya musibah dan bencana.

“Akhir-akhir ini kondisi cuaca yang tidak menentu dengan intensitas hujan lebat menjadi perhatian dengan resiko yang lebih tinggi, agar para rescuer dan ABK selalu menjaga kesiapan diri dan juga peralatan dan kesehatan jasmani,” pungkasnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga