Sekilas Info

Kapolda: Arus Mudik Laut Masih Sepi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Setelah memantau Pasar Tradisional di Kawasan Mardika, Rabu, kemarin, Kepala Polda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, kembali melakukan pemantauan dan pengecekan persiapan menjelang arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini meninjau Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Kamis (6/12). Ia didampingi sejumlah pejabat Perhubungan, KSOP, PT. PELNI, PT. Pelindo 4 Ambon, serta Pejabat Utama Polda Maluku.

Pantauan Kabar Timur, kedatangan Royke di Pelabuhan Yos Sudarso bertepatan dengan akan bersandarnya KM. Sangiang dari Sulawessi Utara, Maluku Utara dan Namlea, Kabupaten Buru, pukul 13.00 WIT.

Jendral Bintang Dua ini kemudian naik ke atas Kapal Pandu (tagboat) menuju KM. Sangiang yang kala itu masih berada di perairan Teluk Ambon. Kapal itu akan dipandu untuk merapat di Dermaga Yos Sudarso.

Di atas KM. Sangiang, Royke tampak menyapa para penumpang yang datang, sekaligus melihat kondisi ruangan kendali Kapal tersebut.

“Arus penumpang saya lihat tadi di atas KM Sangiang, masih landai. Masih sepi. Kapal ini datang dari Namlea, Maluku Utara, Sulawessi Utara,” kata Royke kepada wartawan di atas Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, kemarin.

Dari hasil pantauannya, kata Royke, jumlah penumpang KM Sangiang yang hendak turun melalui pintu Pelabuhan terbesar di Maluku, ini masih sepi. Terdapat 60 sampai 70 orang penumpang saja. “Masih sangat kosong. Belum ada peningkatan arus mudik Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Untuk menghadapi kepadatan arus mudik yang puncaknya diprediksi terjadi pada tanggal 18 sampai 21 Desember mendatang, Royke mengaku otoritas Perhubungan laut sudah melakukan persiapan.

Dikatakan, kesiapan tersebut diantaranya menyediakan tambahan armada kapal sebanyak 23 unit. Diantaranya terdapat KM Dempo dan KM Cirimai. Termasuk membangun Pos Pengamanan bersama.

“Kalau armada angkutan laut sudah siap. Bahkan ada penambahan armada lainnya. KM Dempo sama Cirimai. Itu kapal besar. Dua kali ini (KM Sangiang). Kita akan membangun pos di depan Pelabuhan juga,” jelasnya.

Selain memantau penumpang di atas KM Sangiang, mantan Kakor Lantas Polri ini, juga mengecek ruangan keberangkatan penumpang. Royke bersama rombongan menuju ruang VVIP dan Kelas Ekonomi Gate 1 Pelabuhan Yos Sudarso. Ia tampak menyapa dan berbincang dengan calon penumpang KM. Sangiang yang akan berangkat. (CR1)

Penulis:

Baca Juga